Pemuda India Meninggal Akibat cacar Monyet, Kematian Pertama di Wilayah Asia

Esnoe Faqih Wardhana
India konfirmasi kematian pertama akibat wabah cacar monyet, (Foto : Reuters)

NEW DELHI,iNews.id - Kematian pertama akibat wabah cacar monyet di kawasan Asia dikonfirmasi di wilayah India pada Senin (1/8/2022). Korban adalah seorang pemuda di negara bagian selatan Kerala.

Dengan konfirmasi kematian dari India ini, maka tercatat sudah ada 4 korban meninggal dunia akibat cacar monyet di luar Afrika. Sebelumnya, pada pekan lalu Spanyol melaporkan dua kematian terkait cacar monyet dan Brasil melaporkan satu kematian. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan global pada 23 Juli lalu.

“Pria India berusia 22 tahun itu meninggal pada Sabtu (30/7/2022),” Menteri Pendapatan Kerala, K. Rajan mengatakan kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters. Ia menambahkan, pemerintah telah mengisolasi 21 orang yang telah melakukan kontak dengan pemuda itu.

"Orang itu mencapai Kerala pada 21 Juli, tetapi mengunjungi rumah sakit hanya pada 26 Juli, ketika dia menunjukkan kelelahan dan demam," kata Rajan. Menurutnya, tidak ada alasan untuk panik, karena tidak ada kontak utama yang menunjukkan gejala.

Menteri Kesehatan Kerala, Veena George, mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu, bahwa keluarga pria itu mengatakan kepada pihak berwenang pada hari sebelumnya, dia telah dites positif di Uni Emirat Arab sebelum kembali ke India.



Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network