Logo Network
Network

Menjadi Situs Warisan Dunia yang Pernah Dibom Teroris, 5 Fakta Menakjubkan Candi Borobudur

Tim Litbang MPI, MNC Portal
.
Selasa, 14 Juni 2022 | 08:09 WIB
Menjadi Situs Warisan Dunia yang Pernah Dibom Teroris, 5 Fakta Menakjubkan Candi Borobudur
Candi Borobudur, (Foto : Shutterstock)

JAKARTA,iNews.id - Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini selalu menjadi magnet bagi turis domestik maupun mancanegara.

Berikut beberapa fakta Candi Borobudur sebagaimana dilansir Tim Litbang MPI:

1. Dibangun pada abad ke-8


Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan 9 pada 800 Masehi di masa Dinasti Syailendra. Candi Borobudur mempunyai bentuk bangunan punden berundak, yakni semakin ke atas semakin kecil. Terdapat empat buah tangga yang tersebar di setiap arah mata angin. Panjang Candi Borobudur sekitar 121,66 meter, lebar 121,38 meter, tinggi bangunan 35,40 meter. Candi ini mempunyai 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha.

2. Memiliki 3 tingkatan

Di dalam Candi Borobudur terdapat tiga tingkatan, yaitu kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu. Kamadhatu menggambarkan perilaku manusia yang masih terikat dengan nafsu duniawi. Letak Kamadhatu di bagian terbawah dari candi. Bagian tengah candi disebut rupadhatu. Rupadhatu menjelaskan perilaku manusia yang sudah meninggalkan urusan duniawi namun masih terikat dengan dunia nyata. Lalu pada bagian atas candi adalah arupadhatu. Arupadhatu menggambarkan unsur tidak berwujud, di mana manusia sudah meninggalkan semua urusan duniawi.

3. Ditemukan oleh Raffles

Pada 1814, Gubernur Jenderal Inggris di Jawa, Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan Candi Borobudur. Hal tersebut dituliskan pada bukunya berjudul The History of Java atau Sejarah Pulau Jawa.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update