get app
inews
Aa Read Next : Sri Lanka Alami Krisis Kemanusiaan, PBB Bagikan Bantuan Makanan ke 2.000 Wanita Hamil

Taliban Lakukan Pembatan Terhadap Perempuan Afghanistan, PBB Minta untuk Dibatalkan

Jum'at, 27 Mei 2022 | 08:44 WIB
header img
Perempuan di Afghanistan, (Foto : AFP via VOA)

KABUL,iNews.id - Otoritas Taliban memberlakukan berbagai pembatasan terhadap perempuan, menanggapi itu Utusan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afghanistan meminta untuk membatalkan berbagai pembatasan yang ada.

Pelapor khusus PBB untuk hak asasi manusia di Afghanistan Richard Bennett berbicara kepada wartawan pada akhir kunjungan 11 hari ke negara itu, Kamis.

"Saya mendesak pihak berwenang untuk mengakui tantangan hak asasi manusia yang mereka hadapi dan untuk menutup kesenjangan antara kata-kata dan perbuatan mereka," kata dia, seperti dilansir dari Reuters.

Bennett menyatakan, keprihatinannya atas akses ke pendidikan setelah Taliban urung untuk mengizinkan anak-anak perempuan kembali ke sekolah menengah pada Maret dan bulan ini mengumumkan bahwa perempuan harus menutupi wajah mereka. Pelanggaran atas aturan tersebut adalah hukuman bagi kerabat laki-laki terdekat mereka.

“Petunjuk tentang mahram, penegakan hijab yang ketat, dan nasihat yang kuat untuk tinggal di rumah memberi pola pemisahan gender yang mutlak dan membuat perempuan tidak terlihat di masyarakat,” ujar Bennett.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut