get app
inews
Aa Read Next : Dikabarkan Gabung Timnas Indonesia U-20, Tim Geypens Akan Perkuat Timnas di Touloun Cup 2024!

Jokowi Serahkan Urusan Minyak Goreng ke Luhut, Semua Perusahaan Bakal di Audit

Rabu, 25 Mei 2022 | 07:38 WIB
header img
Menko Luhut Binsar Pandjaitan , (Foto : Okezone)

PRESIDEN Joko Widodo telah menugaskan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhur Binsar Pandjaitan untuk mengurus masalah minyak goreng di dalam negeri

Dengan jabatan yang baru tersebut, Menko Luhut dalam waktu dekat bakal langsung mengaudit seluruh perusahaan sawit. Hal tersebut menyusul masalah kelangkaan mahalnya minyak goreng di dalam negeri. Padahal Indonesia saat ini merupakan salah satu produsen minyak sawit terbesar di dunia.

"Kami audit juga semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan, luasnya berapa, suratnya, HGU-nya (Hak Guna Usaha), HPL (Hak Pengelolaan), statusnya supaya jelas," kata Luhut saat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya apa yang dilakukannya saat ini merupakan bakal jadi senjarah di Indonesia, disamping yang mengurus sekelas Menteri Kemaritiman, Indonesia juga belum pernah melakukan audit ke perusahaan minyak sawit.

Menko Luhut juga bakal mengecek apakah ada kantor perusahaan sawit yang juga memiliki perushaan lain di luar negeri untuk menghindari pajak sehingga negara tidak memungut pajak tersebut.

"Supply hari ini sudah cukup, lebih, dan sekarang harga sudah mulai turun. Kita pastikan distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh Satgas Pangan," sambungnya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut