get app
inews
Aa Read Next : Rusia Caplok Empat Wilayah Ukraina Setelah Mayoritas Penduduknya Setuju Bergabung

Sebut Presiden Putin Diktator dan Lakukan Genosida, Joe Biden Dipuji Presiden Ukraina

Kamis, 14 April 2022 | 08:09 WIB
header img
Presiden Amerika Serikat dipuji oleh Presiden Ukraina Zelensky usai menyebut militer Rusia lakukan genosida, (Foto :Business Insider)

KIEV,iNews,id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut dan menuduh aksi militer Rusia sebagai tindakan genosida di Ukraina, Hal tersebut langsung dipuji oleh Presiden Ukraina Volodymir Zelensky.

Biden untuk pertama kali menggambarkan invasi Rusia sebagai genosida dalam pidatonya di Iowa pada hari Selasa. Biden juga menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai "diktator."

Beberapa waktu kemudian, Zelensky memuji Biden sebagai "pemimpin sejati" di Twitter, menekankan pentingnya menyebut sesuatu dengan nama mereka dan meminta dukungan militer tambahan dari AS.

"Kata-kata yang benar dari seorang pemimpin sejati @POTUS," tweet Zelensky. 

“Menyebut sesuatu dengan nama mereka sangat penting untuk melawan kejahatan. Kami berterima kasih atas bantuan AS yang diberikan sejauh ini dan kami sangat membutuhkan lebih banyak senjata berat untuk mencegah kekejaman Rusia lebih lanjut,” imbuhnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (13/4/2022).

Biden membuat pernyataan genosida selama sebuah acara di Menlo, Iowa, mengumumkan inisiatif baru untuk menurunkan biaya energi, yang telah meningkat tajam setelah serangan Rusia.

Biden merujuk pada "kenaikan harga Putin," sebuah istilah yang baru-baru ini digunakan presiden dan sekutunya berulang kali sehubungan dengan meningkatnya biaya bensin.

"Anggaran keluarga Anda, kemampuan Anda untuk mengisi tangki Anda — tidak ada yang harus bergantung pada apakah seorang diktator menyatakan perang dan melakukan genosida di belahan dunia lain," kata Biden.

"Untuk membantu mengatasi kenaikan harga Putin ini, saya telah mengizinkan pelepasan 1 juta barel per hari selama enam bulan ke depan dari cadangan minyak strategis kami," lanjutnya. "Ini adalah pelepasan terbesar cadangan nasional kami dalam sejarah," ujarnya.

Biden sebelumnya menyebut Putin sebagai "penjahat perang", sementara dia dan pejabat AS lainnya menuduh Rusia melakukan kejahatan perang dengan sengaja menargetkan warga sipil di Ukraina. Namun, pernyataan Biden pada hari Selasa menandai peningkatan retorika yang diarahkan ke Rusia.

Selama konferensi pers 4 April, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan menekankan bahwa AS belum melihat tingkat perampasan sistematis kehidupan rakyat Ukraina untuk naik ke tingkat genosida, sebelum menambahkan bahwa pemerintah AS akan terus memantau situasinya.

Istilah "genosida" dikembangkan untuk menggambarkan upaya Nazi Jerman untuk memusnahkan orang-orang Yahudi di Eropa selama Holocaust. Kantor PBB untuk Pencegahan Genosida dan Tanggung Jawab untuk Melindungi mendefinisikan istilah tersebut sebagai tindakan yang diambil dengan niat untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, kelompok nasional, etnis, ras atau agama.

Orang lain yang menggunakan istilah tersebut untuk merujuk pada dugaan kejahatan oleh militer Rusia termasuk Wali Kota Kiev Vitali Klitschko, yang mengatakan bahwa apa yang terjadi di Bucha dan pinggiran kota Kiev lainnya hanya dapat digambarkan sebagai genosida selama wawancara dengan surat kabar Jerman BILD awal bulan ini.

Pakar Holocaust Eugene Finkel, penulis Ordinary Jews: Choice and Survival Selama Holocaust, mengatakan kepada Newsweek pekan lalu bahwa dia "sangat percaya bahwa kita sedang berhadapan dengan genosida" di Ukraina.

Terlepas dari aliran kekejaman yang dilaporkan, Rusia telah berulang kali membantah mengarahkan penargetan warga sipil. Bulan lalu, juru bicara Kremlin mengatakan bahwa pelabelan Biden terhadap Putin sebagai "penjahat perang" adalah "tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan."

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Rabu, 13 April 2022 - 14:50 WIB oleh Berlianto dengan judul "Sebut Rusia Lakukan Genosida, Biden Dipuji Zelensky". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://international.sindonews.com/read/742063/41/sebut-rusia-lakukan-genosida-biden-dipuji-zelensky-1649833444?showpage=all

 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut