get app
inews
Aa Read Next : Ansor: Harga Baru BBM Bentuk Keadilan Subsidi untuk Rakyat

Manasik Haji di Metaverse, Menag Berikan Dukungan

Senin, 21 Maret 2022 | 15:32 WIB
header img
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dukung manasik haji di metaverse, (Foto: Sindonews)

JAKARTA,iNews.id - Penerapan layanan haji dan umrah berbasis digital didukung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, salahsatunya adalah penggunaan metaverse untuk manasik haji.

Diketahui, Metaverse adalah suatu teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. Hal ini disampaikannya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Penyelenggaraan Haji dan Umrah Tahun 2022 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta beberapa waktu lalu.

"Tadi saya juga sudah berbicara kalau manasik itu juga bisa dilakukan dengan cara metaverse (virtual)," ujar Menag dikutip dalam laman resmi Kemenag, Senin(21/03/2022). 

"Saya juga memberikan support sepenuhnya kepada dirjen dan seluruh jajaran agar terus dikembangkan bukan hanya terkait dengan pendaftaran saja. Tapi juga manasik haji dengan cara metaverse,"kata dia.

Dengan manasik haji metaverse ini, mantan Ketua GP Ansor ini berharap jamaah dapat merasakan hadir secara langsung di Masjidil Haram dan melakukan Tawaf dan Sa'i secara virtual. Kemudian nantinya jamaah tidak lagi diberikan manasik secara konvensional seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut