get app
inews
Aa Read Next : 10 Keutamaan Menikahi Janda Dalam Islam, No 6 Menambah Semangat Hidup

Kampung Janda Ada yang Berusia 17 Tahun Sudah 2 Kali Menjanda

Sabtu, 19 Maret 2022 | 13:26 WIB
header img
KAMPUNG Janda di kampung bahkan ada yang masih berusia 17 tahun tapi sudah 2 kali menjanda. Kampung ini ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  Foto ilustrasi/ist

KAMPUNG Janda di kampung bahkan ada yang masih berusia 17 tahun tapi sudah 2 kali menjanda. Kampung ini ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Kampung tersebut yakni Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Desa ini sangat fenomenal lantaran dijuluki Kampung Janda.

Ada banyak faktor para perempuan di sana menyandang status janda, dari perceraian hingga ditinggal mati sang suami. Usia perempuan yang menjanda pun beragam, dari mulai 25 tahun hingga umur 50 tahun pun ada di sini.

Di Desa Ciburayut ini terdapat 30 keluarga yang dipimpin oleh janda dari 65 kepala keluarga. Oleh karenanya, kampung ini disebut sebagai kampung janda.  

Berada di kaki Gunung Salak dan Gede Pangrango, membuat sebagian besar pria di sana bekerja sebagai penambang pasir, baik dari menggali dan menyaring pasir, hingga pemecah batu.

Kehidupan masyarakat yang berada di garis kemiskinan mengharuskan mereka menambang pasir demi mencari nafkah untuk keluarga.

Sering terjadinya longsor di area kerja membuat jatuhnya banyak korban, tak heran banyak perempuan mendadak jadi janda lantaran kematian suaminya.

Banyak janda muda

Faktor penyebab lain mengenai banyaknya janda di desa ini ialah pernikahan dini yang marak terjadi. Menikah di usia muda memang cukup rentan akan perceraian.

Pola pikir dan emosi yang masih labil ditambah dengan kondisi ekonomi yang serba terjepit kerap memicu pertengkaran berujung talak. Nikah muda di desa ini terjadi karena rendahnya pendidikan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut