get app
inews
Aa Read Next : Muncul Isu Suar Matahari Hantam Bumi Sampai Kiamat Pada 24 September 2022, Benarkah?

Saat Hari Kiamat Akan Banyak Keajaiban Hasil dari Saling Membantu Sesama 

Jum'at, 18 Maret 2022 | 08:21 WIB
header img
SAAT Hari Kiamat tiba akan banyak muncul keajaiban sebagai hasil dari perbuatan saling membantu meringankan penderitaan sesama manusia. (Foto: Express)

SAAT Hari Kiamat tiba akan banyak muncul keajaiban sebagai hasil dari perbuatan saling membantu meringankan penderitaan sesama manusia. Begitupun dengan janji Allah Subhanahu Wata'ala (SWT) akan ganjaran pahala begitu besar.

Dari sahahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata"" Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam (SAW) bersabda:
“Barangsiapa yang menghilangkan dari seorang Muslim penderitaannya dari penderitaan-penderitaan di dunia, maka Allah SWT akan menghilangkan penderitaannya dari penderitaan-penderitaan Hari Kiamat. Barangsiapa yang memudahkan bagi orang yang mengalami kesulitan karena terlilit utang, maka Allah SWT akan memudahkan baginya urusan di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib orang Islam, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba tersebut jika seorang hamba menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Ustaz Dr. Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA dikutip pada Jumat (18/3/2022) menuliskan bahwa hadis di atas tadi menunjukkan kaidah yang sangat agung yaitu “Balasan sesuai dengan amal perbuatan.”

Barang siapa yang melakukan kebaikan, maka Allah akan balas dengan kebaikan. Barangsiapa yang melakukan keburukan, maka Allah akan balas dengan keburukan. Perhatikan hadis ini!

Barangsiapa yang menghilangkan penderitaan orang lain, maka Allah akan menghilangkan penderitaannya.

Barangsiapa yang memudahkan orang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan mengilangkan kesulitannya.

Barangsiapa yang menutup aurat seorang Muslim, maka Allah akan menutup auratnya. Barangsiapa menolong seorang hamba, maka Allah akan menolongnya. Ini semua menunjukkan bahwasanya “balasan seusai dengan perbuatan”.

Hadis ini membicarakan beberapa permasalahan:

“Barangsiapa yang menghilangkan penderitaan seorang muslim dari penderitaan-penderitaannya di dunia maka Allah SWT akan menghilangkan penderitaanya pada hari kiamat kelak.”

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut