get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Masih Tanggung Beban Subsidi Pertamax, Petalite dan LPG 3 Kg

Pertamina Bakal Naikan Pertamax Turbo, Tapi Pertalite Tidak, Kenapa? 

Kamis, 10 Maret 2022 | 15:00 WIB
header img
Pertamina tidak akan menaikan BBM jenis Pertalite,(Foto: shuterstock)

JAKARTA,iNews.id - Dampak Perang Rusia-Ukraina yang tidak kunjung selesai berdampak pada harga minyak dunia. Namun ditengah lonjakan harga minyak dunia ,Pertamina memastikan tidak akan menaikan BBM Jenis Pertalite.

Meski begitu, harga minyak ini berdampak langsung terhadap beban subsidi APBN dan beban keuangan Pertamina. VP Corporate Commucation Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, untuk mengurangi tekanan lonjakan harga minyak mentah dunia terhadap peningkatan biaya penyediaan BBM.

Untuk itu, Pertamina terus melakukan berbagai efisiensi di segala lini, termasuk menekan biaya produksi BBM dalam negeri.

"Di antaranya dengan memaksimalkan penggunaan minyak mentah domestik dan mengoptimalkan penggunaan gas alam untuk penghematan biaya energi. Pararel juga dilakukan peningkatan produksi kilang untuk produk yang bernilai tinggi," katanya, ditulis Kamis (10/3/2022).

Di samping itu, lanjutnya, penyesuaian harga produk juga dilakukan secara selektif, hanya untuk BBM Non Subsidi tertentu seperti Pertamax Series maupun Dex Series yang porsi konsumsinya hanya sekitar 15% dari total konsumsi BBM Nasional.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut