get app
inews
Aa Read Next : Niat Puasa Ramadhan 2024: Panduan Lengkap untuk Memulai Puasa dengan Niat yang Benar

Ayo Amalkan! Berikut Niat dan Tata Cara Puasa Sunnah Sya’ban Dibarengi Puasa Senin Kamis

Senin, 07 Maret 2022 | 06:36 WIB
header img
Niat Puasa Syaban dibarengi puasa Senin Kamis dan keutamaannya. (Foto: Dok/Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Syaban merupakan momentum tepat untuk memperbanyak ibadah puasa sunnah. Niat Puasa Syaban boleh dibarengi puasa Senin Kamis.

Hal ini karena bagi yang menjalankan puasa tersebut akan mendapat dua keutamaan sekaligus yakni, keutamaan puasa Syaban dan Puasa Senin Kamis.

Disebutkan dalam hadits bahwa, Puasa Syaban merupakan salah satu puasa sunnah paling utama setelah puasa Ramadhan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi di nomor 599 disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الصَّوْمِ أَفْضَلُ بَعْدَ رَمَضَانَ فَقَالَ شَعْبَانُ لِتَعْظِيمِ رَمَضَانَ قِيلَ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَصَدَقَةُ بْنُ مُوسَى لَيْسَ عِنْدَهُمْ بِذَاكَ الْقَوِيِّ

Dari Anas dia berkata, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa yang paling utama setelah Ramadlan, Beliau menjawab: “Bulan Sya’ban untuk memuliakan Ramadlan, ” Beliau ditanya lagi, lalu Shadaqah apa yang paling utama? Beliau menjawab: “Shadaqah di bulan Ramadlan.”

Niat Puasa Syaban dibareng Puasa Senin Kamis

Ustaz Hanif Luthfi Lc dalam bukunya berjudul "Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan, puasa sunnah Rajab bisa digabung bersamaan dengan puasa sunnah lainnya ketika bersamaan dalam satu hari.

Imam An-Nawawi berkata di Al-Majmu‘, ‘Ini yang disebutkan secara mutlak oleh ulama Syafi’iyyah. Semestinya disyaratkan ta’yin (penyebutan nama puasa di niat) dalam puasa rawatib seperti puasa ‘Arafah, puasa Asyura, puasa bidh (13,14, 15 setiap bulan Hijriyah), dan puasa enam hari Syawwal seperti ta’yin dalam shalat rawatib’.

Jawabnya, puasa pada hari-hari tersebut sudah diatur berdasarkan waktunya. Tetapi kalau seseorang berniat puasa lain di waktu-waktu tersebut, maka ia telah mendapat keutamaan sunah puasa rawatib tersebut. Hal ini serupa dengan shalat tahiyyatul masjid.

Karena tujuan dari perintah puasa rawatib itu adalah pelaksanaan puasanya itu sendiri terlepas apa pun niat puasanya.

Berikut bacaan niat Puasa Syaban Dibarengi Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Syaban ini boleh dilakukan pada pagi dengan catatan belum makan dan minum sejak pagi lalu terbersit keinginan untuk berpuasa.

Berikut bacaan niatnya:

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ فِى شَهْرِ شعبان

وَعَنْ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu Shouma Ghadin 'An adaai sunnati Fii Syahri Sya'baani wa an shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi Ta'alaa

"Saya niat puasa Syaban esok hari dan puasa hari Senin sunnah karena Allah Ta'ala."

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut