get app
inews
Aa Read Next : Bulan Sya’ban Bulan Dinaikkannya Amal Manusia

Sebelum Masuki Ramadhan Rasulullah Sering Puasa di Bulan Sya'ban, Apa Alasannya?

Kamis, 03 Maret 2022 | 05:00 WIB
header img
Dibulan Sya'ban rasulullah sering berpuasa disambung sampai Bulan suci Ramadhan,(Foto/Ist)

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan Rasulullah Saw sering berpuasa di bulan Sya'ban, Rasulullah sering menyambung puasa dari bulan Sya'ban sampai bulan Ramadhan. Lantas apa alasannya? kenapa hanya di bulan Sya'ban bukan dibulan lain?

Dalam Mukhtashar Latho'iful Ma'arif Imam Ibnu Rajab yang dirangkum oleh Ahmad Bin Utsman Al-Mazyad dijelaskan bahwa amalan utama di bulan Sya'ban adalah berpuasa. Imam Ahmad dan An-Nasa'i meriwayatkan dari Hadis Usamah bin Zaid.

Beliau berkata: " Rasulullah biasa berpuasa beberapa hari berturut-turut hingga kami mengatakan bahwa beliau tidak pernah tidak berpuasa, dan beliau tidak berpuasa beberapa hari hingga beliau hampir-hampir tidak pernah berpuasa, kecuali dua hari dari satu Jum'at (yakni dua hari dalam sepekan) jika memang keduanya masuk ke dalam puasa beliau, dan jika tidak, maka beliau pun berpuasa pada kedua hari tersebut. 

Dan beliau tidak pernah berpuasa di bulan-bulan lainnya sebanyak beliau berpuasa di Bulan Sya'ban. Maka aku berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya Anda berpuasa di mana hampir-hampir Anda tidak pernah tidak berpuasa, dan Anda tidak berpuasa hingga hampir-hampir Anda tidak berpuasa kecuali dua hari jika keduanya masuk ke dalam puasa Anda, dan jika tidak, maka Anda pun berpuasa pada kedua hari tersebut.' 

Beliau bertanya: 'Dua hari yang mana?' Aku menjawab, 'Hari Senin dan Hari Kamis.' Beliau bersabda: 'Itu adalah dua hari di mana amal-amal dihadapkan kepada Tuhan semesta alam, maka aku suka agar amalku dihadapkan pada saat aku sedang berpuasa.' Aku berkata, 'Aku tidak pernah melihat Anda berpuasa pada bulan-bulan lainnya sebanyak Anda berpuasa pada Bulan Sya'ban. ' 

Beliau bersabda: 'Itu adalah bulan yang sering dilalaikan oleh manusia antara Rajab dan Ramadhan, yang merupakan bulan di mana amal-amal diangkat kepada Tuhan semesta alam. Maka aku suka agar amalku diangkat dalam keadaan aku sedang berpuasa'." Hadits di atas menyebutkan tentang puasa Rasulullah dari seluruh tahun, puasanya beliau dari hari-hari dalam seminggu, dan puasanya beliau dari bulan-bulan dalam setahun. 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut