get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

Peran Garfa dalam Kegiatan Protokoler Peringatan HSN di Lapangan Pancasila

Minggu, 22 Oktober 2023 | 13:45 WIB
header img
Garda Fatayat NU (Garfa) dalam kegiatan protokoler Upacara Peringatan hari Santri 2023

Garfa (Garda Fatayat NU) turut andil dalam kegiatan protokoler upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di lapangan Pancasila pada hari Minggu (22/10/2023). Dengan Kerjasama antara PCNU, Banser, Garfa, serta tim protokoler Pemkot Salatiga, upacara yang diikuti oleh ribuan santri dari pesantren di seluruh Kota Salatiga dapat berlangsung dengan lancar dan tertib.

Berbeda dengan banser, Garfa merupakan barisan pengaman yang berada dalam naungan Fatayat NU dengan anggota wanita secara keseluruhan, meskipun secara fungsi hampir sama. Partisipasi Garfa dalam  kegiatan protokoler seperti ini baru pertama kali dilakukan pada event peringatan Hari Santri Nasional 2023. Hal ini karena Garfa cabang Salatiga baru saja berdiri.

“Karena kan baru pertama ya, mendirikan di Salatiga. Kalau untuk yang kemarin diklat di Jawa Tengah kan baru dua orang dan ditempatkan di Salatiga. Untuk anggotanya sendiri baru ada Sembilan belas orang anggota”, ujar Ninik selaku Komandan Garfa.

Ninik mengungkapkan bahwa Garfa Salatiga sudah melakukan gladi untuk mempersiapkan acara ini.

“Jadi kita itu kemarin dari Salatiga bersholawat kita juga sudah bertugas, jad kemarin kita sudah nderekke bu nyai pada acara itu. Dan untuk acara kali ini kita sudah melakukan gladi kemarin”, tambahnya.

Sebagai informasi, Garfa adalah singkatan dari "Garda Fatayat Nahdlatul Ulama." Ini adalah sebuah inisiatif yang dibentuk oleh perempuan dari Fatayat NU untuk memfasilitasi kader yang tertarik berpartisipasi dalam wadah seperti Banser.

Garfa diharapkan dapat menjadi wadah untuk melatih, mendidik, dan membina kader-kader perempuan NU yang siap berkontribusi dalam berbagai aspek masyarakat, termasuk dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta melaksanakan kegiatan sosial dan kemasyarakatan.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut