get app
inews
Aa Read Next : Rafael Struick Comeback Bela Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak, Shin Tae-yong: Saya Yakin!

Gunung Telomoyo : Paket Wisata Komplit di Jawa Tengah, Alam, Budaya, Kuliner dan Edukasi

Sabtu, 18 Februari 2023 | 14:47 WIB
header img
Wisala Gunung Telomoyo di Jawa Tengah tawarkan keindahan alam yang eksotis, (Foto : Ist)

GUNUNG Telomoyo merupakan gunung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Gunung tersebut memiliki ketinggian 1894 mdpl, gunung yang cukup unik karena dapat dinaiki dengan kendaraan sampai puncak. Gunung ini memawarkan pemandangan yang eksotis dan indah. Gunung Telomoyo dapat dinikmati dengan naik kendaraan maupun dengan jalan kaki atau hiking.

Gerbang Masuknya sendiri terdapat 2 tempat yaitu dari Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang  dan Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang dan ada pos-pos pendakian di sekitar kedua pos tersebut. Dengan tiket 15.000 rupiah anda sudah dapat menikmati wisata ini sampai puncak dan sepuasnya. Selain bisa di naiki dengan kendaraan roda 2, Gunung Telomoyo memberikan fasilitas berupa mobil Jeep atau sewa motor untuk pengunjung yang menggunakan mobil.

Selain wisata alam di Gunung Telomoyo terdapat wisata sekitar yang menyuguhkan hal-hal menarik dan tak kalah eksotis, selain wisata gunung di sekitar Telomoyo juga menawarkan wisata budaya, agro dan lain-lainya. Hari Minggu merupakan hari yang paling cocok untuk berkunjung  ke Telomoyo karena selain kita bisa menikmati wisata alamnya kita juga bisa menikmati wisata Pasar Tiban Tritis Candi yang terletak di Dusun Pandean Lor, Desa Pandean, Kabupaten Magelang.

Pasar yang selalu diadakan setiap hari Minggunya itu menyuguhkan jajanan kuliner dan UMKM Telomoyo dan hiburan menarik  yang tentunya harga yang dijajakan sangat terjangkau. Tempat tersebut sangat cocok digunakan untuk mampir sebelum atau sesudah wisatawan menaiki Gunung Telomoyo. Tritis Candi juga kerap mengadakan pagelaran budaya seperti wayang kulit, reog, gedruk, jathilan, kubro siswa, campur sari dan pagelaran budaya lainya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut