get app
inews
Aa Read Next : Rafael Struick Comeback Bela Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak, Shin Tae-yong: Saya Yakin!

Menilik Madain Shaleh, Kota Terkutuk Kaum Tsamud yang Dihindari Nabi Muhammad Saw

Kamis, 19 Januari 2023 | 04:31 WIB
header img
Madain Shaleh, kota tempat kaum Tsamud, (Foto : Okezone)

KOTA Madain Shaleh adalah wilayah dulunya ditinggali oleh Kaum Tsamud yang merupakan umat Nabi Sholeh Alihissallam . Madain Shaleh yang disebut sebagai tempat terkutuk dahulu sangat dihindari oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam semasa hidupnya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala mengutus Nabi Shaleh untuk menyampaikan ajaran kebenaran kepada bangsa Tsamud. Namun risalah kebenaran yang disampaikan oleh Nabi Shaleh selalu tidak didengarkan dan memilih untuk menyembah berhala. Karena Kedurhakaan mereka, Allah menghukum bangsa Tsamud dengan menghancurkan kota tersebut beserta orang-orangnya didalamnya seketika.

Dilansir dari Okezone, Madain Shaleh merupaka kota terkutuk yang diabadikan dalam Alquran, kota ini juga disebut dengan nama Al Hijr atau Hegra. Penyebutan kota terkutuk karena Allah Swt menimpakan azabnya ke kota ini akibat kedurhakaan mereka.

Lokasi Madain Shaleh berada di Provinsi Madinah, Arab Saudi, tepatnya didekat situs Al Ula. Pada tahun 2008 yang lalu UNESCO, Madain Shaleh diakui sebagai situs warisan dunia karena mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi.



Pada zaman dahulu, Madain Shaleh mempunyai kemajuan yang pesat karena pendudukanya dikenal sangat cerdas dan mampu membuat arsitektur yang sangat megah.Mereka juga sangat sukses dengan pertanian, peternakan, hingga perdagangan.

Namun, bangsa Tsamud punya akhlak yang buruk dan tidak mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mereka terlena dengan kesombongan. Gaya hidupnya penuh foya-foya, mabuk-mabukan, berzina, hingga melakukan tindak kejahatan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut