get app
inews
Aa Read Next : Survei Elektabilitas Partai, PDIP Masih Kokoh Bertahan di Nomor Satu Sampai Sekarang

Nama Capres PDIP Sudah di Tangan Megawati, Berikut Ciri-ciri yang Disebutkan

Selasa, 10 Januari 2023 | 10:21 WIB
header img
Kader PDIP, (Foto : Okezone)

JAKARTA,iNewsSalatiga.id - Nama capres PDIP disebut-sebut sudah dikantongi oleh Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Dan dalam peringatan HUT ke-50 PDIP hari ini yang bertempat di JI Expo Kemayoran kemungkinan besar nama capres tersebut akan diumumkan.

Terkait capres yang sudah disiapkan tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberitahukan sejumlah ciri-cirinya.

"Kalau berkaitan dengan nama, itu yang paling penting adalah bagaimana yang memang dipersiapkan ibu Mega seorang pemimpin yang ideologis, memahami betul sejarah perjuangan bangsa, pemimpin yang mempunyai kemampuan teknokratik, pemimpin yang mampu memikul tanggung jawab, dan sebagainya," ujar Hasto Kristiyanto, Senin (9/1/2023) saat meninjau gladi resik persiapan HUT PDIP ke-50 di JI Expo Kemayoran Jakarta Pusat.

Sosok capres yang sudah disiapkan harus mempunyai ondasi dasar dan ideologi Pancasila tersebut

"Begitu banyak kriteria yang disampaikan ibu Megawati, dan jalan ideologi Pancasila meskipun terjal dan berliku itu akan dinyatakan sebagai api semangat juang dari ibu Mega," kata Hasto Kristiyanto.

Dalam menentukan nama tersebut Hasto menyebutkan Ketum Megawati Soekarnoputri menanyakan berbagai pertimbangan dan dicermati secara detail serta proses yang juga panjang.

"Jadi apa yang disampaikan mbak Puan tadi bahwa ibu Megawati memang sudah mengantongi nama-nama calon. Apakah nama-nama ini jamak atau sudah mengerucut menjadi tunggal, itu ibu Mega (yang mengetahui)," tutur Hasto Kristiyanto.

Perihal sosok nama Cawapres apakah akan diumumkan dalam HUT ke-50 PDIP besok, Hasto tidak menjawab dan justru menyampaikan hal lainnya.

"Besok dihadirkan Pak Presiden Jokowi dan Pak Wapres," ucap Hasto Kristiyanto.

Meskipun sudah memiliki golden ticket mengusung Capres-Cawapres, PDIP kata Hasto akan tetap menjalin koalisi. Namun perihal detail tersebut hanya akan diumumkan oleh Ketum PDIP.


"Terkait dengan nama dan kerja samanya itu ibu Megawati Soekarnoputri, tugas kami menyiapkan," pungkas Hasto Kristiyanto.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut ada elemen kejutan saat parpolnya merayakan HUT ke-50 di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/1) besok.

Dia menambahkan akan ada elemen kejutan yang bakal disampaikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam perayaan HUT ke-50.

"Ya, pastinya. Setiap ulang tahun, kan, ada surprise, tetapi namanya surprise, ya, enggak tahu. Cuma ibu ketua umum yang tahu surprise akan disampaikan," ujar Puan Maharani dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Anggota DPRD PDI Perjuangan Tingkat Provinsi dan Kabupaten atau Kota se-Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2023).

Pengumuman capres atau cawapres menurut Puan Maharani sangat bisa dilakukan karena Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi nama calonnya.


"Ibu Ketua Umum sudah punya nama di kantongnya, tinggal diumumin. Jadi nggak usah nengok kiri kanan. Nggak usah bingung harus si ini harus si itu,” kata Puan.

Namun demikian, Puan Maharani meminta publik menunggu dengan sabar proses pidato Megawati Soekarnoputri pada HUT ke-50 PDIP besok.

"Pidato ketua umum itu kan ada yang dari hati, ada yang dari pikiran, ada yang memang sudah tercatat. Kalau kemudian besok, tiba-tiba ada surprise, siapa nama bakal calon capres atau cawapres PDIP akan disampaikan, kemungkinan bisa saja," pungkas Puan Maharani.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut