Logo Network
Network

Semangat Siswa SDN 03 Wirun Desa Gamelan Mainkan Seni Karawitan yang Dilirik Dunia

Ahmad Antoni
.
Jum'at, 23 September 2022 | 09:26 WIB
Semangat Siswa SDN 03 Wirun Desa Gamelan Mainkan Seni Karawitan yang Dilirik Dunia
Siswa SDN 03 Wirun Mojolaban Sukoharjo sangat terampil memainkan seni karawitan di sekolahnya. (Antoni/iNews.id)


“Pada tahun 2016 kami mendapatkan dana alokasi khusus dari Pemprov Jateng berupa gamelan lengkap. Dengan adanya bantuan gamelan ini anak-anak angat antusias untuk berlatih, setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu,” ujar Paryono.

Dia mengatakan, latihan karawitan dipusatkan pada hari Kamis karena sangat efektif dan semua anak sangat senang. Hal itu karena di Kecamatan Mojolaban yakni Desa Wirun dikenal sebagai penghasil gamelan tingkat nasional bahkan telah diakui Unesco.

“Oleh sebab itu kami sebagai warga asli Desa Wirun, anak-anak sebagai pelajar tingkat SD sangat senang sekali mengembangkannya nguri-uri seni tradisional daerah yaitu seni karawitan gamelan,” ujarnya.

Dia berpesan kepada para siswa agar rajin berlatih karawitan. Senada juga disampaikan Wiwit Haribowo, pelatih karawitan SDN 03 Wirun. Dia mengatakan kegiatan seni karawitan di sekolah bagian dari upaya melestarikan kesenian tradisional.

“Dengan melatih siswa maka ikut melestarikan budaya Jawa khususnya gamelan. Dengan melatih setiap hari, kelestarian budaya khususnya Jawa Tengah, tetap terjaga. Apalagi juga sering didatangi turis asing untuk menyaksikan karawitan anak-anak,” kata Wiwit.

“Karawitan menjadi kegiatan ekstra kurikuler yang diminati siswa. Saya sebagai pelatih ingin anak-anak mencintai kesenian tradisional bangsa sendiri,” katanya.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update