get app
inews
Aa
Read Next : Kalah 1-3, Lionel Messi dan Tim Gagal Masuk Semifinal!

Semangat Siswa SDN 03 Wirun Desa Gamelan Mainkan Seni Karawitan yang Dilirik Dunia

Jum'at, 23 September 2022 | 09:26 WIB
header img
Siswa SDN 03 Wirun Mojolaban Sukoharjo sangat terampil memainkan seni karawitan di sekolahnya. (Antoni/iNews.id)

SUKOHARJO,iNews.id - Tangan kecil sejumlah siswa SD Negeri 03 Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah begitu terampil memainkan alunan suara gamelan sehingga terdengar sangat merdu.

Ya, aksi siswa-siswi SDN 03 Wirun itu bagian dari kegiatan seni karawitan di sekolah. Seni karawitan merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang paling digandrungi para siswa setempat.

Mereka tampak bersemangat dan menikmati setiap berlatih seni karawitan. Maklum saja, kebanyakan para siswa merupakan warga asli Wirun yang telah dikenal sebagai penghasil produksi gamelan yang mendunia.

Sehingga, berlatih karawitan seakan sudah melekat pada diri anak-anak SD. Tak hanya sekadar berlatih, mereka seakan terpanggil untuk ikut menjaga kelestarian kesenian tradisional Jawa khususnya Jawa Tengah.

Mawar Lutfia Ariska, siswa kelas 6 SDN 03 Wirun mengaku senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan seni karawitan di sekolahnya. “Saya sangat bangga dan senang sekali ada kegiatan karawitan di sekolah,” kata Mawar, Kamis (22/9/2022).

Dia mengungkapkan jika dirinya sudah mengikuti kegiatan ekstra kurikuler seni karawitan sejak kelas 4. “Dengan sering mengikuti kegiatan (karawitan) ini biar bisa ikut menjaga kelestarian kesenian khususnya karawitan,” ujarnya.

Sementara, Kepala SDN 09 Wirun Paryono mengatakan bahwa para siswanya memang sangat bersemangat mengikuti kegiatan karawitan. Apalagi pihaknya mendapatkan bantuan satu set gamelang lengkap dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengembangan kesenian tradisional, khususnya karawitan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut