Logo Network
Network

Mayoritas Beragama Islam, Negara-Negara ini Mempunyai Banyak Muslim yang Kaya

Viola Triamanda
.
Kamis, 22 September 2022 | 15:42 WIB
Mayoritas Beragama Islam, Negara-Negara ini Mempunyai Banyak Muslim yang Kaya
Qatar menjadi salahsatu negara mayoritas muslim dengan penduduknya kaya, (Foto : Reuters)

JAKARTA,iNews.id - Dengan jumlah total pemeluknya 1.9 Miliar orang, Agama Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar kedua di dunia. Masyarakat pemeluk agama Islam ini juga turut tersebar ke berbagai negara bahkan ada beberapa negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Negara mayoritas muslim ini tentu juga memiliki tingkat perekonomian tersendiri. Di antara negara ini terdapat beberapa negara yang masuk ke dalam kategori negara kaya.

Untuk membandingkan nilai kekayaan warga antar negara, digunakan metrik perhitungan yakni Purchasing Power Parity (PPP). PPP akan menempatkan sekelompok barang, kemudian membandingkanya dengan berapa dana yang diperlukan warga di setiap negara (berdasarkan kurs masing-masing) untuk membeli produk.

Dikutip dari berbagai sumber oleh MNC Portal Indonesia, berikut negara mayoritas muslim terkaya di dunia :

1. Qatar

Negara dengan populasi 1,7 juta jiwa ini menduduki puncak daftar negara Muslim terkaya di dunia dengan produk domestik bruto per kapita lebih dari 88.919 dolar AS untuk 2011. Negara ini juga memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Pendorong utama pertumbuhan ini adalah peningkatan produksi dan ekspor gas alam, minyak, dan petrokimia yang berkelanjutan.

2. Kuwait


Foto : Reuters

Kuwait memiliki jumlah penduduk sekitar 3,5 juta dengan produk domestik bruto per kapita negara ini adalah 54.654 dolar AS untuk 2011. Kekayaan negara ini didukung dengan cadangan minyak mentah, terbukti sebesar 104 juta barel, diperkirakan 10 persen dari cadangan dunia.

Bahkan produksi minyak Kuwait turut diprediksi akan meningkat menjadi 4 juta barel unit pada tahun 2020.

Tidak hanya itu, negara ini juga memiliki industri besar lainnya termasuk perkapalan, konstruksi. Jasa keuangannya juga berkembang baik bahkan Bank Nasional Kuwait adalah bank terbesar di negara ini dan salah satu yang terbesar di negara-negara Arab.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update