Logo Network
Network

BBM Naik, Anggota DPR Golkar : Sistem Subsidi Harus Dirubah Sehingga Tepat Sasaran

Rico Afrido Simanjuntak
.
Jum'at, 09 September 2022 | 16:15 WIB
BBM Naik, Anggota DPR Golkar : Sistem Subsidi Harus Dirubah Sehingga Tepat Sasaran
Anggota DPR Ridwan Hisjam sebut kenaikan BBM merupakan hal wajar, (Foto :dpr.go.id)

JAKARTA,iNews.id - Keputusan pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai wajar oleh anggota Komisi VII DPR Ridwan Hisjam. Hal itu karena BBM bersubsidi sangat membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan kenaikan harga minyak dunia.

"Saya kira BBM ini naik memang wajar ya karena beban APBN sudah terlalu berat untuk menyubsidi. Hanya ke depan ini polanya harus dirubah sistemnya, harus dirubah agar ketika ada kenaikan BBM lagi, tidak ada gelombang protes dari masyarakat. Artinya masyarakat bisa memahami, kalau sekarang kan sudah terlambat ya, demo di mana-mana," kata Ridwan dalam keterangannya, Rabu (7/9/2022).

Dia pun mengingatkan kembali bahwa ke depannya subsidi yang diberikan pemerintah tidak boleh lagi kepada prodoknya, melainkan harus dengan sistem by name atau per orang. "Jadi, ketika BBM itu naik, maka tidak akan berdampak pada rakyat miskin, karena by name dia sudah terdaftar sebagai penerima manfaat dari subsidi BBM murah," imbuhnya.

Menurut politikus Partai Golkar ini, hal tersebut juga harus berlaku bagi subsidi lainnya. "Ini ke depan berlaku juga bukan hanya untuk subsidi BBM, tapi juga subsidi energi listrik, gas, kesehatan, pendidikan, dan juga subsidi pangan, semua harus by name, tidak boleh lagi dijatuhkan ke produk," ungkapnya.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update