get app
inews
Aa Read Next : Dijatuhi Sanksi China Karena Kunjungi Taiwan, Nancy Pelosi Tertawa Tidak Peduli

Kedatangan AS Membuat China Gerah, Jerman Janjikan Bantuan Jika Taiwan di Serang

Rabu, 03 Agustus 2022 | 11:12 WIB
header img
Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman Annalena Baerbock janjikan bantuan jika Taiwan diserang China, (Foto : Reuters)

BERLIN,iNews.id - Berlin memberikan janji bantuan kepada Taipei jika terjadi konflik dengan Beijing, sebelumnya jerman telah memperingatkan China agar tidak meningkatkan ketegangan dengan Taiwan.

Pernyataan itu ditegaskan Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman Annalena Baerbock pada Selasa (2/8/2022) selama konferensi pers Perjanjian Non-Proliferasi PBB di New York seperti dilaporkan Der Spiegel.

“Kami tidak menerima ketika hukum internasional dilanggar dan tetangga yang lebih besar menyerang tetangganya yang lebih kecil,” ungkap Baerbock.

Dia menambahkan prinsip ini juga berlaku untuk China. Pernyataan Baerbock muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China ketika Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan pada Selasa.

Beijing berulang kali memperingatkan mereka akan menafsirkan langkah seperti itu sebagai pelanggaran terhadap kedaulatannya dan penghinaan terhadap kebijakan Satu China yang diakui secara resmi oleh Washington.

Mengomentari kunjungan Ketua DPR AS, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan beberapa politisi AS “secara terbuka bermain api”.

Wang mengecam upaya Washington membuat insiden di Selat Taiwan secara artifisial.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut