get app
inews
Aa Read Next : Elon Musk: Solusi Krisis Air Dunia Adalah Desalinasi

Menjadikan Rasulullah SAW Sebagai Teladan Kepemimpinan

Rabu, 20 Juli 2022 | 10:58 WIB
header img
Dosen Pascasarjana UIN Salatiga, Dr. H. Mukh Nursikin. M.Si (Foto : Dok)


Dalam konteks ajaran islam seorang pemimpin tidak hanya karena mendapatkan selembar Surat keputusan (SK) sebagai alat otoritas untuk berkuasa atau memerintah, akan tetapi lebih dari itu yaitu sebagai sosok panutan dan sebagai agen of changes dalam tubuh organisasi atau lembaga yang dipimpinnya.

Keteladanan adalah salahsatu bentuk integritas yang memegang peranan penting dalam menunjang kesuksesan pemimpin untuk mengembangkan organisasi atau lembaga yang dipimpinnya.

Keteladanan dapat diartikan dengan memberi contoh yang baik dalam semua aspek. Pemimpin yang teladan adalah menjadi role model dalam semua bidang, misalnya dalam kedisiplinan, bersikap, bertutur kata, berbudaya, berinteraksi sosial dan sebagainya.

Pemimpin harus dapat memberikan motivasi kepada yang dipimpinnya untuk bekerja keras sesuai dengan arahan yang telah ditetapkan. “How to Motivate our employees" karena kalau tidak dijaga motivasi dan orientasi kerja bawahan, dapat disorientasi dan demotivasi.

Bagaimana dalam diri Rasulullah adalah ciri utama seorang pemimpin, ia sebagai role model yang baik memiliki karakter kuat, memiliki disiplin yang tinggi, komitmen, kejujuran, integritas, kredibilitas, kepedulian dan memiliki ciri sebagai pelayan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut