get app
inews
Aa Read Next : Pertandingan Mendebarkan: Real Madrid Berhadapan dengan Bayern Munchen dalam Leg 2!

Menjadikan Rasulullah SAW Sebagai Teladan Kepemimpinan

Rabu, 20 Juli 2022 | 10:58 WIB
header img
Dosen Pascasarjana UIN Salatiga, Dr. H. Mukh Nursikin. M.Si (Foto : Dok)

ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

لَقَدْ كَا نَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَا نَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَا لْيَوْمَ الْاٰ خِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًا 

laqod kaana lakum fii rosuulillaahi uswatun hasanatul limang kaana yarjulloha wal-yaumal-aakhiro wa zakarolloha kasiiroo

"Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah."
(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 21).

Islam agama sempurna dan rahmat untuk seluruh alam (rahmatan lil alamin) . Islam mengatur segalanya, baik terkait dengan kehidupan dunia akhirat, dalam dunia, islam mengatur terkait kehidupan individu, sosial, budaya, ekonomi maupun politik dan lainnya, bahkan tak terkecuali terkait kepemimpinan atau yang sering disebut dengan leadership.

Rasulullah adalah sosok pemimpin ideal, visioner, yang melayani dan merakyat. Sangatlah penting untuk membuka kembali lembaran historis rasulullah serta mencontoh keteladanannya dalam kepemimpinan umat dan menciptakan kebaikan kualitatif maupun kuantitatif.

Rasulullah Muhammad SAW, bukan sekadar cerminan teladan (uswah hasanah) dalam masalah urusan kehidupan akhirat, ia juga contoh ideal seorang pemimpin masa depan. Kepemimpinannya tidak sebatas urusan agama, akan tetapi beliau juga pemimpin negara yang mempunyai wilayah kekuasaan, rakyat, dan sistem ketatanegaraan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut