get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Baru! Indonesia Tembus Semi Final Piala Asia U23 Setelah Kalahkan Korea Selatan

Kekuatan Mahabbah ( The Power of Love)

Selasa, 21 Juni 2022 | 05:36 WIB
header img
Dosen Pascasarjana UIN Salatiga,Dr. H. Mukh Nursikin. M. Si, (Foto : Dok)

Kekuatan Mahabbah ( The Power of Love)



ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

قُلْ اِنْ كَا نَ اٰبَآ ؤُكُمْ وَاَ بْنَآ ؤُكُمْ وَاِ خْوَا نُكُمْ وَاَ زْوَا جُكُمْ وَعَشِيْرَتُكُمْ وَ اَمْوَا لُ ٱِ قْتَرَفْتُمُوْهَا وَتِجَا رَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَا دَهَا وَ مَسٰكِنُ تَرْضَوْنَهَاۤ اَحَبَّ اِلَيْكُمْ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَ جِهَا دٍ فِيْ سَبِيْلِهٖ فَتَرَ بَّصُوْا حَتّٰى يَأْتِيَ اللّٰهُ بِاَ مْرِهٖ ۗ وَا للّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفٰسِقِيْنَ

qul ing kaana aabaaa-ukum wa abnaaa-ukum wa ikhwaanukum wa azwaajukum wa 'asyiirotukum wa amwaaluniqtaroftumuuhaa wa tijaarotung takhsyauna kasaadahaa wa masaakinu tardhounahaaa ahabba ilaikum minallohi wa rosuulihii wa jihaading fii sabiilihii fa tarobbashuu hattaa ya-tiyallohu bi-amrih, wallohu laa yahdil-qoumal-faasiqiin

Artinya:
"Katakanlah, "Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik."
(QS. At-Taubah 9: Ayat, 24).

Andai d idunia ini tidak ada (mahabbah) cinta, maka hidup akan serasa gersang, hampa dan tidak ada lagi dinamika. Cinta bisa membuat sesuatu yang berat menjadi ringan, yang sulit menjadi sederhana (mudah) permusuhan menjadi perdamaian dan yang jauh menjadi dekat. Itulah gambaran kekuatan mahabah (cinta).

Cinta memang tidak mengenal logika. Ketika rasa itu sudah tertanam kuat didalam hati seseorang, semua hal bisa dengan mudah berubah 180 derajat. Tak heran, nyawapun seringkali kalah mulia dibanding cinta.

Mungkin dewasa ini tak banyak kisah cinta sejati yang begitu menggetarkan layaknya dahsyatnya ikatan cinta antara Nabi Adam as dan Hawa, dari sejak disurga sampai diturunkan ke bumi ini. Bagaimana dahsyatnya ikatan cinta Nabi Ibrahim as dan Sarah. Bagaimana dahsyatnya ikatan cinta Nabi Yusuf as dan Zulaikho., dan bagaimana dahsyatnya ikatan cinta Rasulullah saw dan Khadijah al-Kubra.

 

Kalau dalam cerita-cirita yang melegenda lagi seperti Romeo dan Juliet, cerita cinta Cleopatra dan Mark Antony juga sangat populer. Pernikahan keduanya mendapatkan kecaman dari orang Romawi, Layla dan Majnun, Cinta terlarang Sangkuriang dengan ibunya, dan masih banyak lagi yang tercatat dalam sejarah peradaban manusia.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut