Tradisi Syawal Terbangkan Balon Udara Berbahaya, Ganjar : Boleh Tapi Harus Diikat

Ahmad Antoni
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melarang tradisi syawalan menerbangkan balon, (Foto : Antara)

SEMARANG,iNews.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat menerbangkan balon udara sebagai tradisi syawalan masih banyak dilakukan di Jawa Tengah, maka dari itu Ganjar menegaskan tradisi menerbangkan balon udara tidak boleh dilakukan.

Namun demikian, kata dia, penerbangan balon diperbolehkan dengan opsi diikat. “Nggak. Saya sudah sampaikan dan bahkan sudah saya tulis di atas gedung kantor Pemprov bahwa harus diikat,” kata Ganjar, Rabu (27/4/2022).

“Jadi dulu kita sudah bicara tradisi itu berjalan dan kemudian semua melarang. Terus saya bilang nggak usah dilarang tapi diikat,” katanya.

Dia menegaskan, tidak boleh ada penerbangan balon udara karena membahayakan. Cara lain agar tradisi tetap bisa dilakukan, kata Ganjar, bisa dibuat model festival hingga lomba. “Tapi diikat. Sehingga ketinggiannya teratur dan orang bisa melihat dengan bagus,” ujar Ganjar.

Sebagai informasi, di Kota Pekalongan akan dilaksanakan penerbangan balon udara sebagai tradisi syawalan masyarakat setempat.

Komunitas Sedulur Balon Pekalongan sebagai panitia, memodifikasi kegiatan dengan syarat balon ditambatkan atau diikat.

Ganjar pun telah berkomunikasi dengan pihak Pemkot Pekalongan. Menurut Ganjar, hal ini bukan kali pertama sehingga dari pihak pemda juga telah mengerti aturannya.

“Sudah. Ini kan sudah berkali-kali, bukan baru hari ini, itu sudah berkali-kali,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " Tradisi Syawalan Balon Udara, Ganjar: Nggak Usah Dilarang tapi Diikat ", Klik untuk baca: https://jateng.inews.id/berita/tradisi-syawalan-balon-udara-ganjar-nggak-usah-dilarang-tapi-diikat/2.

 



Editor : Muhammad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network