7 Manfaat Daun Kemangi, Obat Ampuh bagi Penderita Asam Lambung

Hadi Widodo
Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui, salah satunya dapat menurunkan stres dan kecemasan. (Foto: Dok/Pinterest)

Daun kemangi yang memiliki rasa yang sangat khas ternyata dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Mengutip dari laman Healthline, dalam 2 gram daun kemangi segar terkandung 0,6 kalori, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, dan mangan.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan sebagainya.

Berikut ini manfaat daun kemangi bagi kesehatan dikutip dari berbagai sumber;

1. Menjaga kesehatan hati 

Sebuah studi di tahun 2015 pada tikus menunjukkan bahwa antioksidan dalam bubuk kemangi memiliki dampak positif terhadap kesehatan hati. Antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Menurunkan gula darah tinggi 

Beberapa praktisi pengobatan tradisional merekomendasikan kemangi untuk mengelola kadar gula darah. Sebuah studi di tahun 2019 terhadap tikus menemukan, ekstrak daun kemangi mampu menurunkan kadar gula darah tinggi dan membantu mengobati efek jangka panjangnya.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gangguan pencernaan yang timbul akibat adanya luka di lambung. Selain itu, daun kemangi juga dapat menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Daun kemangi juga diketahui dapat mencegah gangguan pencernaan lainnya, seperti diare, disentri, dan mual.

4. Mencegah kanker

Selain antioksidan, penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi juga memiliki sifat antikanker. Kandungan antikanker dalam daun kemangi diketahui dapat melawan sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit.

Daun kemangi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol gula darah, dan membantu pemulihan akibat stroke. Namun, beberapa manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

5. Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi

Daun kemangi diketahui memiliki sifat antivirus, antijamur, dan pereda nyeri, yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Penelitian menunjukkan bahwa daun yang satu ini dapat melawan infeksi dan luka pada sariawan dan keloid. Bahkan, daun kemangi juga banyak dipercaya untuk mempercepat penyembuhan dan melindungi luka setelah operasi.

6. Mengatasi jerawat

Minyak daun kemangi dipercaya dapat mengatasi jerawat. Hal ini karena daun kemangi memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Penelitian juga menunjukkan bahwa daun ini juga dapat melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka, sehingga mampu menghilangkan bekas jerawat.

7. Menurunkan stres dan kecemasan

Daun kemangi diketahui bertindak sebagai adaptogen, yaitu zat alami yang membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres. Zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, mengatasi gangguan kecemasan, mengatasi gangguan tidur, serta meningkatkan daya ingat.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network