Jangan Sampai Terlewat, Berikut Jadwal Lengkap Puasa Sunnah Bulan Sya’ban 2022

Puti Aini Yasmin
Ilustrasi puasa Sya'ban. (Foto: Dok)

JAKARTA, iNews.id – Berdasarkan hasil rukyatul hilal Lembaga Falakiyah NU, awal Bulan Syaban 1443 H jatuh pada hari Jumat 4 Maret 2022. Alangkah baiknya bulan ini dipenuhi dengan puasa sunnah karena memiliki banyak pahala bila dikerjakan. Agar semakin berkah, berikut jadwal puasa dan keutamaan bulan Sya'ban.

Melansir buku 'Muharram, Maulid Nabi, Rajab, dan Sya'ban' karya Udji Asiyah, bulan Syaban adalah bulan kedelapan dalam kalender Islam. Bulan ini diapit oleh dua bulan besar, yakni Rajab dan Ramadhan.

Bolehkah Puasa di Bulan Syaban?

Puasa sunnah bulan Syaban boleh dilakukan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Hal ini sesuai dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dari Aisyah RA, beliau mengatakan,

"Rasulullah SAW biasa berpuasa sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya'ban."

Keutamaan Bulan Sya’ban

Puasa sunnah Bulan Syaban memiliki keutamaan yang tidak kalah dari bulan Rajab dan Syaban. Bahkan dalam dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda di bulan Sya'ban, setiap amal umat manusia tengah diangkat oleh Allah SWT

Dalam hadits riwayat An Nasa'i dan Abu Dawud, oleh Ibnu Huzaimah dari Usamah bin Zaid, dia berkata "'Wahai Rasulullah, aku tidak melihat tuan berpuasa dari satu bulan dari beberapa bulan, seperti puasa tuan dari bulan Sya'ban.' Beliau bersabda: 'Itu adalah bulan yang dilupakan oleh manusia antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan Sya'ban itu bulan amal-amal diangkat dihadapkan kepada Tuhan semesta alam. Karena itu aku senang apabila amalku diangkat, sedangkan aku berpuasa.'"

Jadwal Puasa Sunnah Bulan Syaban Kapan Puasa Nisfu Syaban 2022?

Nisfu Syaban jatuh pada 15 Syaban atau tanggal 18 Maret 2022. Nisfu Syaban adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan ampunan oleh Allah SWT.

Selain jadwal di atas, puasa sunnah bulan Syaban juga bisa dilaksanakan di jadwal macam-macam puasa sunnah, seperti Senin, Kamis, ayyamul bidh, atau daud. Jangan lupa untuk mengamalkannya ya!

Wallahu A’lam

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network