Arifin Panigoro Meninggal Dunia, Siapakah Dia?

Shelma Rachmahyanti,
Arifin Panigoro,(Foto/Okezone)

JAKARTA,iNews.id - Arifin Panigoro Pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk dikabarkan meninggal dunia pada Senin (28/2/2022).
Almarhum dinyatakan meninggal dunia pada pukul 02.29 WIB, pada usia 76 tahun

Diketahui, sebelum tutup usia, Arifin pernah ditunjuk sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 yang langsung dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Arifin Panigoro lahir Bandung, 14 Maret 1945 ini dikenal dalam industri energi, khususnya minyak, gas bumi, juga pertambangan tembaga, melalui perusahaanya PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Keluarga Arifin berasal dari Gorontalo, memulai bisnis kopiah dan berkembang menjadi agen penjualan barang elektronik Philips hingga produk tekstil Retatex.

Arifin lahir dan besar di Bandung, ia sempat menjadi mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan semasa kuliah ia sudah memulai usahanya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door.

Pendirian Medco ternyata berasal dari peristiwa oil boom yang menyebabkan minyak bumi menjadi komoditas utama di kegiatan ekspor pada 1979-1980. Saat itu Medco beruntung karena pemerintah RI sedang gencar melakukan pembinaan terhadap pengusaha migas lokal.

Pada tahun 1979 ia melanjutkan pendidikannya di Prancis sebagai Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Fountainebleau untuk menunjang karier di indusri perminyakan dalam negeri.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network