Lonjakan Pengunjung Borobudur dan YIA Selama Waisak 2024

Annisatul Mutoharoh
Perayaan Waisak di Candi Borobudur (sumber: Injourney/Okezone)


MAGELANG, iNewsSalatiga.id - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, holding BUMN Aviasi dan Pariwisata, melaporkan peningkatan jumlah pengunjung di Candi Borobudur, yang menjadi pusat perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE.

Selama periode libur panjang Waisak 2024, dari 18 hingga 26 Mei 2024, jumlah pengunjung ke Candi Borobudur diperkirakan mencapai 60.385 orang. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 31,3% dibandingkan periode libur panjang Waisak tahun sebelumnya, yaitu dari 30 Mei hingga 7 Juni 2023, yang mencatat kunjungan sebanyak 45.991 orang.

Puncak perayaan Waisak akan berlangsung pada 23 Mei 2024, dengan rangkaian acara seperti Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, peringatan detik-detik Waisak, pradaksina Candi Borobudur, dan pelepasan lampion Waisak. Masyarakat umum juga bisa mengikuti meditasi jalan mindful walking meditation di Candi Borobudur pada 24-25 Mei 2024.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management, Hetty Herawati, mengatakan bahwa persiapan telah dilakukan untuk menyambut wisatawan selama libur panjang ini. Fokus utama adalah memastikan kenyamanan pengunjung di hotel-hotel sekitar Yogyakarta, terutama yang dekat dengan Taman Wisata Candi Borobudur.

“IDM telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung selama libur panjang periode 23-26 Mei 2024, bertepatan dengan perayaan Waisak 2024. Terutama sekali untuk hotel di sekitar Yogyakarta, yang berdekatan dengan kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, yang akan menjadi pusat perayaan Waisak 2024, IDM telah melakukan persiapan agar para wisatawan bisa menikmati libur panjangnya,” kata Hetty selaku Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management.

Dari sisi penerbangan, Angkasa Pura I memperkirakan adanya peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta, Ruly Artha, menyebutkan bahwa jumlah penumpang diprediksi naik 56% pada H-1 libur panjang dibandingkan hari sebelumnya.

Diperkirakan pada periode 22-26 Mei 2024, sebanyak 64.297 penumpang akan melalui YIA, dengan 32.206 penumpang datang dan 32.091 penumpang berangkat, serta total 431 pergerakan pesawat. Pada 22 Mei 2024, diproyeksikan ada 12.879 penumpang melalui YIA, dengan 7.014 penumpang datang dan 5.865 penumpang berangkat.

Ruly Artha menegaskan bahwa fasilitas dan layanan di YIA telah dipersiapkan dengan optimal melalui koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, dengan tetap mengutamakan 3S+1C (Security, Services, Safety, dan Compliance).

“Kami memperhitungkan akan ada kenaikan 56 persen penumpang yang melaksanakan perjalanan melalui YIA pada H-1 momen libur panjang akhir pekan ini dibandingkan dengan trafik penumpang pada hari sebelumnya,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta, Ruly Artha.

Dukungan moda transportasi lanjutan dari dan ke YIA juga telah dipastikan, dan masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan selama perjalanan.

“Kami selalu memastikan fasilitas dan layanan berjalan dengan baik dan dipersiapkan secara optimal melalui koordinasi dengan seluruh Stakeholder, serta mengutamakan 3S+1C (Security, Services, Safety, dan Compliance). Saat ini YIA juga telah memastikan dukungan dari moda transportasi lanjutan dari dan ke YIA dapat memenuhi kebutuhan pengguna jasa bandara. Kami turut menghimbau masyarakat pengguna jasa bandara untuk tetap menjaga kesehatan selama melakukan perjalanan, sehingga perjalanan terasa nyaman,” tutup Ruly.
 



Editor : Muhammad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network