Pabrik Sepatu Bata Purwakarta Ditutup. Manajemen: Kami Bangkrut!

Annisatul Mutoharoh
Pabrik sepatu bata di Purwakarta ditutup (sumber: iNews)

SALATIGA, iNewsSalatiga.id - Penutupan pabrik PT Sepatu Bata Tbk di Purwakarta viral di platform media sosial Instagram melalui postingan akun @jabodetabek24info. Video tersebut menampilkan mendokumentasi ratusan pekerja pabrik yang meninggalkan tempat mereka mencari nafkah.
Para pekerja terlihat keluar pabrik dengan mengenakan seragam Bata. Perekam video terdengar beberapa kali mengucap perpisahan.

"Selamat tinggal Bata. Selamat tinggal Bata">
Bata Shoe Management mengumumkan akan menutup pabriknya pada 30 April 2024. Mengutip informasi yang dirilis Bursa Efek Indonesia (BEI), Hatta Tutko dari Bata Shoes mengatakan pihaknya telah berupaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi, serta perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat telah melakukan upaya besar. Namun ternyta bisnis masih belum pulih.

"Perseroan sudah tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta, karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di Pabrik Purwakarta terus menurun dan kapasitas produksi pabrik jauh melebihi kebutuhan yang bisa diperoleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal di Indonesia," ujar Hatta.

"Dengan adanya keputusan ini, maka Perseroan tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta," tambahnya.

Sebagai informasi, Sepatu Bata mengalami kerugian sebesar Rp80,65 miliar hingga kuartal III 2023. Terus meningkat dari kerugian Rp20,43 miliar pada periode yang sama tahun 2022. Penjualan bersih Perseroan juga turun 0,42 persen menjadi Rp488,47 miliar jika dibandingkan dengan Rp490,57 miliar pada periode yang sama tahun 2022.



Editor : Muhamad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network