get app
inews
Aa Read Next : DEWG G20 Bahas Pemulihan Global Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital

Sidang Kedua DEWG G20 Tampilkan Kesenian Wayang Kulit Yogyakarta

Selasa, 17 Mei 2022 | 15:38 WIB
header img
Sidang kedua DEWG G20 diiringi pentas wayang kulit khas Yogyakarta, (Foto : okezone)

JAKARTA,iNews.id - Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (DEWG G20) melakukan sidang keduanya dengan menampilkan Wayang kulit khas Yogyakarta.

Tiga orang seniman pembuat wayang kulit yang menunjukkan proses pembuatan wayang menjadi daya tarik bagi delegasi dan media peliput. Seniman pembuat wayang kulit asal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Abi, yang hadir di lokasi, berharap para delegasi sidang kedua DEWG G20 dapat menikmati kebudayaan dan keindahan Kota Yogyakarta.

"Yogyakarta ini kaya nilai sejarah dan kesenian termasuk wayang kulit. Semoga pengunjung bisa menikmatinya,” kata Abi, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/5/2022).

Diketahui, wayang kulit adalah salah satu kesenian Indonesia yang terkenal di seluruh daerah bahkan di luar negeri.

Wayang kulit merupakan pertunjukan drama dengan boneka pipih yang terbuat dari kulit. Setiap boneka dibentuk menjadi karakter pewayangan dan setiap karakter dibuat unik dengan postur dan pakaian khas Indonesia.

Pertunjukan wayang kulit bisa dikatakan sebagai kesenian tradisional yang paripurna karena di dalamnya terdapat seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut