get app
inews
Aa Read Next : Ikut Bakar Alquran Seperti di Swedia, Pemimpin PEGIDA Belanda Janji Buat Situasi Tambah Tegang

Kelompok Anti Islam Berencana Bakar Al-Quran, Kerusuhan Pecah di Swedia

Senin, 18 April 2022 | 03:45 WIB
header img
kerusuhan terjadi di Swedia setelah Kelompok Anti Islam ingin bakar Al-Quran, (Foto : ABC News)

STOCKHOLM,iNews.id - Kelompok sayap kanan anti-Islam di Swedia melakukan aksi unjuk rasa dan berencana untuk membakar Al-Quran. Hal tersebut akhirnya menimbulkan kerusuhan yang terjadi pada Sabtu malam, walaupun Polisi memindahkan lokasi unjuk rasa tersebut tetap saja kerusuhan pecaj di Swedia Selatan.

Bentrokan dan kerusuhan dilaporkan terjadi di kota selatan Landskrona setelah demonstrasi yang dijadwalkan di sana oleh partai sayap kanan Swedia, partai Stram Kurs dipindahkan ke kota terdekat Malmo, sekitar 45 kilometer sebelah selatan.

Pihak kepolisian Swedia mengatakan hingga 100 orang yang kebanyakan anak muda melemparkan batu, membakar mobil, ban dan tempat sampah, serta memasang pagar pembatas yang menghalangi lalu lintas.

"Situasi di Landskrona pada Sabtu malam telah tenang meski tetap penuh ketegangan," kata polisi, menambahkan tidak ada cedera yang dilaporkan dalam aksi tersebut seperti dikutip dari AP, Minggu (17/4/2022).

Pada Jumat malam, bentrokan keras antara demonstran dan kontra-pemrotes meletus di pusat kota Orebro menjelang rencana Stram Kurs untuk membakar Al Quran di sana, menyebabkan 12 petugas polisi terluka dan empat kendaraan polisi dibakar.

Rekaman video dan foto dari adegan kacau di Orebro menunjukkan mobil polisi yang terbakar dan pengunjuk rasa melemparkan batu serta benda lain ke petugas polisi dengan perlengkapan anti huru hara.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut