get app
inews
Aa Read Next : KKB Bakar Kios dan Sekolah di Paniai, TNI-Polri Siaga

Sederet Kejahatan Pimpinan KKB Toni Tabuni, Pernah Bacok Kepala Polisi

Rabu, 30 Maret 2022 | 13:25 WIB
header img
Toni Tabuni ditembak mati saat hendak ditangkap, (Foto:Ist)

JAKARTA,iNews.id - Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz berhasil menembak mati pimpinan teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Toni Tabuni di Kabupaten Nabire karena melakukan perlawanan.

Informasi yang diterima redaksi, Rabu (30/3/2022), Toni Tabuni pernah melakukan aksi separatisme. Mulai dari pencurian dengan kekerasan terhadap personel Pospol 99 Ndeotadi pada 15 Mei 2020.

Dalam peristiwa itu, Briptu Cristian Palling mengalami luka bacok di kepala dan di tubuh. Toni juga merampas senjata organik Pospol sebanyak 3 pucuk (SS1 sebanyak 2 pucuk dan AK 47 sebanyak 1 pucuk).

Toni juga diduga kuat terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua pada 25 April 2021, mengakibatkan Kabinda Papua Mayjend TNI I Gusti Putu Dani Nugraha meninggal dunia di distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Kemudian, penembakan terhadap Petugas Satgas Covid-19 di Intanjaya pada 22 Mei 2020. Korban atas nama Alemalik Bagau dan Heniko Somau.

Toni juga terlibat dalam aksi penembakan terhadap masyarakat sipil di Perbatasan Intanjaya-Paniai pada 29 Mei 2020, korban atas nama Yunus Sani Luka tembak di kepala.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut