get app
inews
Aa Read Next : Tak Pernah Tinggalkan Sholat 5 Waktu, Anak Tukung Cukur Lulus Akmil Sekali Daftar

Sering Lupa Bilangan Rakaat Shalat? Ini Dia Nama Setan yang Menggoda

Jum'at, 25 Februari 2022 | 10:15 WIB
header img
Ilustrasi,(Foto/Freepik)


Seringkali ketika kita shalat, kita lupa berapa rakaat yang telah dilakukan. Ada satu Setan yang bertugas menggoda manusia sehingga lupa bilangan shalat, namanya adalah syetan Khinzib. Setan yang paling ngeyel menggoda manusia saat sholat. Setan Khinzib yang membuat manusia mengkhayal, berseliweran pikiran macam-macam saat sholat.

Apakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan sholat yang khusyuk, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut?

Ustaz Ammi Nur Baits dalam pesannya dikutip pada Senin (21/6/2021) menyebutkan, di dalam sholat terkadang berseliweran pikiran-pikiran sehingga mengurangi konsentrasi sholat. Apakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan sholat yang khusyuk, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut?

Kasus semacam ini pernah dialami oleh salah seorang sahabat, yaitu Utsman bin Abil ‘Ash radhiallahu ‘anhu. Beliau datang kepada Nabi Muhammad SAW mengadukan gangguan yang dia alami ketika sholat. Kemudian beliau SAW bersabda:

“Itu adalah setan. Namanya Khinzib. Jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah ke kiri tiga kali.” ujarnya.

Kata Utsman, “Aku pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku.” (HR. Muslim, no. 2203)

Dalam hadis di atas Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita dua cara untuk menghilangkan gangguan setan dalam sholat yakni:

1. Memohon perlindungan kepada Allah dengan membaca ta’awudz (A’udzu billahi minas syaithanir rajim). Bacaan ini dilafalkan, bukan di batin. Ini hukumnya diperbolehkan dan tidak membatalkan sholat.

2. Meludah ringan ke kiri dengan cara meniupkan udara yang mengandung sedikit air ludah. Ini diperbolehkan, dengan syarat tidak mengganggu orang yang berada di sebelah kirinya dan tidak mengotori masjid. Allahu a’lam.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut