get app
inews
Aa Read Next : Mahalnya Harga Tempe dan Minyak Goreng, Pedagang Mendoan di Salatiga Perkecil Ukuran

Ibu-Ibu Harus Tau! Harga Tahu-Tempe Bakal Naik Mulai Bulan Depan

Selasa, 15 Februari 2022 | 13:50 WIB
header img
Kedelai dunia mahal, siap-siap harga tempe dan tahu naik. (Foto: Dok/iNews.id/Inin Nastain)

JAKARTA, iNews.id -  Kementrian Perdagangan (Kemendag) memprediksi mulai bulan depan harga tahu dan tempe bakal naik. Hal ini seiring dengan kenaikan harga kedelai internasional.


Berdasarkan data Kemendag, harga kedelai pada minggu pertama Februari 2022 mencapai 15,77 dolar AS per bushel atau berkisar Rp11.240 per kilogram (kg). Harga tersebut diperkirakan baru akan turun pada Juli 2022.  
"Kalau kita bicara di tingkat importir di dalam negeri dan hal ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan, dan menurut informasi yang diterima, kenaikan ini bisa sampai hingga bulan Mei yang diperkirakan harganya mencapai di 15,79 dolar AS per bushel, selanjutnya baru akan turun pada bulan Juli," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan dalam konferensi pers, Jumat (11/2/2022).

Meski Juli mengalami penurunan harga, Oke memperkirakan turunnya tidak signifikan atau sekitar 15,74 dolar AS per bushel. Adapun penyebab harga kedelai dunia merangkak naik karena naiknya biaya sewa lahan, kurangnya tenaga kerja, ketidakpastian cuaca di negara produsen, kenaikan inflasi di negara produsen yang berdampak pada naiknya harga produksi.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut