get app
inews
Aa Read Next : Gempa Berkekuatan M5,0 Guncang Pacitan Jatim

Erupsi Anak Krakatau, BMKG Sebut Tidak Berkaitan dengan Gempa Banten

Sabtu, 05 Februari 2022 | 10:24 WIB
header img
Erupsi Gunung Anak Krakatau hari jumat petang hari (04/02/2022),(Foto : Dok/Kemeterian ESDM)

Jakarta,iNews-Id, - Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada jumat petang hari ( 04/02/2022). Gunung yang terletak di Selat Sunda tersebut mengalami erupsi yang dilanjutkan dengan gempa bumi di Kabupaten Bayah, Provinsi Banten selang tiga menit setelahnya. Erupsi Anak Krakatau terjadi pukul 17.07 WIB, sedangkan gempa di Banten terjadi pukul 17.10 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, pusat gempa terletak di laut pada jarak 63 kilometer arah baratdaya Bayah, Banten dengan kedalaman 55 km.

 

Sementara informasi mengenai erupsi Anak Krakatau, sebagaimana disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Andiani, mengatakan pada hari ini, Jumat, 4 Februari 2022 pukul 17.07 WIB terjadi erupsi Anak Krakatau dengan ketinggian kolom abu hingga 1.000 meter (m) di atas puncak kawah.

Namun demikian, Ardani menegaskan erupsi tidak berdampak pada gempa tektonik, termasuk pada gempa berpusat di Banten yang dirasakan sekitar Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya sore ini. "Tidak ada (dampak terhadap gempa)," ujarnya, Jumat (4/2/2022) malam ini.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut