get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tari Rangkuk Alu, Ikon Google Doodle Hari Ini

Suhu Lautan Terpanas Sepanjang Sejarah, Berdampak Mengerikan bagi Planet Bumi

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 13:47 WIB
header img
Suhu lautan yang naik memberikan dampak berbahaya bagi ekosistem di bumi

LONDON, iNewsSalatiga.id - Suhu lautan telah mencapai titik tertinggi yang pernah tercatat, panas dari perubahan iklim dan menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan bagi ekosistem planet Bumi.

Layanan perubahan iklim UE Copernicus melaporkan bahwa rata-rata suhu permukaan laut global harian telah melampaui rekor sebelumnya yang dicatat pada tahun 2016. Suhu ini mencapai 20,96 derajat Celsius (69,73 derajat Fahrenheit), jauh melebihi angka rata-rata tahun ini.

Lautan memiliki peran sentral dalam pengaturan iklim. Selain menyerap panas, lautan juga menghasilkan setengah dari total oksigen Bumi dan memengaruhi pola cuaca.

Perairan yang lebih hangat cenderung kurang efisien dalam menyerap karbon dioksida, yang berarti lebih banyak gas pemanas planet akan tetap berada di atmosfer. Fenomena ini juga berpotensi mempercepat pencairan gletser yang mengalir ke laut, yang pada gilirannya menyebabkan kenaikan permukaan laut yang lebih cepat.

Suhu laut yang lebih tinggi dan gelombang panas mengganggu berbagai spesies laut seperti ikan dan paus dalam pergerakan mereka mencari daerah dengan suhu lebih dingin, mengacaukan rantai makanan laut. Ahli-ahli memperingatkan bahwa stok ikan bisa terpengaruh oleh perubahan ini.

Beberapa hewan predator, termasuk hiu, mungkin menjadi lebih agresif karena mereka terpengaruh oleh suhu yang lebih tinggi dan lingkungan yang berubah.

"Air terasa seperti bak mandi saat Anda terjun," kata Dr Kathryn Lesneski, yang memantau gelombang panas laut di Teluk Meksiko untuk National Oceanic and Atmospheric Administration, dikutip BBC.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut