get app
inews
Aa Read Next : Jubah dan Toga, Pakaian Wajib Saat Wisuda. Siapa Penggagasnya?

Bukan Al-Azhar! Inilah Universitas Pertama di Dunia

Kamis, 25 Mei 2023 | 22:42 WIB
header img
Universitas AL- Qarawiyyin di Fes, Maroko merupakan universitas yang pertama kali didirikan di dunia. Diprakarsai oleh Fatima Al-Fihri dan masih beroperasi hingga sekarang. (Foto: Freepik)

Salatiga, INewsSalatiga.id - Universitas Al-Qarawiyyin atau Al-Karaouine, merupakan universitas yang pertama berdiri di dunia yang terletak di kota Fes, Maroko. Berdiri pada tahun 859M dan dipelopori oleh Fatima Al-Fihri, putri saudagar kaya dari Tunisia yang menetap di Fes.

Dengan bentuk awal sebagai masjid, Qarawiyyin telah memberikan pengajaran dengan sistem akademik yang terstruktur pada masa itu. Mulai dari menyediakan asrama bagi mahasiswa dan dosen, adanya tunjangan bagi pengajar, hingga sistem dosen tamu dari lembaga pendidikan setara seperti Madrasah Nizamiyah.

Kurikulum awal Al-Qarawiyyin berfokus kepada belajar Al-Quran dan menghafalnya, yang kemudian berkembang ke bahasa, teologi, sastra, hingga sains modern.

Kampus ini telah mendapat pengakuan UNESCO dan Guinness Book of World Records sebagai universitas tertua, dan masih beroprasi hingga kini. Di dalamnya juga tersimpan banyak naskah lama yang langka.

Secara tidak langsung, Al-Qarawiyyin juga berpengaruh dalam gerakan pembaharuan (Renaissance) di Eropa. Karena pada masa kejayaan peradaban islam, banyak keluarga kerajaan yang dikirim untuk belajar ke Qarawiyyin. Sistem pendidikan di sana juga menginspirasi budaya akademis di Eropa hingga sekarang.

Mekipun pada tahun 1947M telah mengalami pembaharuan sistem menjadi universitas modern, Al-Qarawiyyin tetap mempertahankan bangunan awalnya yang yang bercorak Andalusia serta banyak memiliki Kaligrafi Kufi.


 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut