Pecahkan Masalah dengan IPTEK
Menanggapi permasalahan pelik tersebut, beberapa siswa SMP RUQ Al-Falah Salatiga mencoba sebuah gebrakan baru dalam pembelajaran ilmu tajwid Al-quran dengan membuat sebuah permainan edukatif yang dipadukan dengan pembuatan aplikasi pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan.
Maka dari itu lahirlah metode pembelajaran FASHIHA : Learning Tajwid Through Fun Educational Board Game Using Augmented Reality. Yaitu sebuah metode pembelajaran yang menghilangkan kebosanan dalam memahami materi pembelajaran.
Dengan metode ini pembelajaran tajwid Al-quran akan dipadukan dengan beberapa permainan yang siswa sukai. Bukan hanya bermain semata namun juga dalam permainan itu para siswa akan diajak untuk belajar dan memahami tentang ilmu tajwid Al-quran
"Saat ini adalah masa-masa dimana peserta didik masih berpikir untuk bermain, jadi kenapa tidak kita ikuti saja kemauan mereka, kita buat lingkungan bermain yang mereka sukai tentu juga yang dapat menambah wawasan pengetahuan mereka" lanjut Gunawan.
Melihat perkembangannya, metode pembelajaran Fashiha tersebut efektif meningkatkan semangat belajar para peserta didik yang sebelumnya pasif menjadi aktif. Tentu hal tersebut juga membuat materi pembelajaran yang sulit mereka kuasai dalam waktu singkat bisa dipahami secara maksimal.
"Metode Fashiha ini sangat efektif dalam mendulang pendidikan mereka, para peserta didik yang tadinya pasif karena merasa bosan dengan sistem pembelajaran yang monoton menjadi aktif dan cepat mencerna materi, alasannya karena hati mereka menyukai cara belajarnya".
Editor : Muhammad Andi Setiawan