Logo Network
Network

Kisah Percobaan Perlawanan Balik PKI di Blitar Gagal Total Karena Perampokan

Solichan Arif, Koran Sindo
.
Selasa, 27 September 2022 | 06:14 WIB
Kisah Percobaan Perlawanan Balik PKI di Blitar Gagal Total Karena Perampokan
Kisah PKI mencoba bangkit kembali di Blitar, (Foto : Istimewa)

JAKARTA,iNews.id - Partai Komunis Indonesia (PKI) mencoba bangkit kembali di kawasan Blitar Selatan, Jawa Timur.

Di Blitar Selatan, para pimpinan PKI yang lolos dalam peristiwa 30 September 1965 atau G30S, menyiapkan taktik perjuangan bersenjata (Perjuta).
Perjuta yang melibatkan kekuatan rakyat secara penuh, merupakan praktik dari tesis Kritik Oto Kritik (KOK) Sudisman. Yakni sebuah tesis perlawanan yang terinspirasi dari tulisan Mao Tse Tung.

Lalu seperti apa situasi sosial dan alam Blitar Selatan pada tahun 1967-1968 itu?

Rewang, salah seorang pimpinan PKI yang tertangkap di Blitar Selatan menyebut Blitar Selatan sebagai kawasan pegunungan tandus. Tanahnya mirip pegunungan seribu di sebelah selatan Solo dan Yogyakarta.

"Sebagian daerah di Blitar bagian selatan, terhitung merupakan lahan baru dari bekas hutan jati," kata Rewang dalam buku Saya Seorang Revolusioner, Memoar Rewang.

Untuk menyambung hidup, mayoritas penduduk Blitar Selatan bergantung pada aktifitas bercocok tanam. Mereka melakukannya di sawah dan ladang yang memiliki sifat pengairan tadah hujan.

Dalam setahun penduduk Blitar Selatan hanya mengenal satu kali musim tanam dengan ketela pohon atau singkong sebagai tanaman utama. Singkong menjadi makanan pokok penduduk.

"Pada musim tanam, yang ditanam penduduk adalah padi gogo dan jagung. Sebagai tanaman selingan adalah kacang tanah dan kedelai".

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update