get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi PC Muslimat NU dan PC Fatayat NU Gelar Acara dengan 3 Agenda Sekaligus!

Jadi Saksi Sejarah, Artefak Berumur Ribuan Tahun Ditemukan di Gua India

Minggu, 18 September 2022 | 08:53 WIB
header img
Artefak Batu Kuno ditemukan di Gua India, (Foto : BBC)

INDIA,iNews.id - Sebuah saksi sejarah dari peradaban yang sebelumnya tidak dikenal telah ditemukan ditemukan di negara bagian Maharashtra, India barat berupa pahatan batu atau artefak. Sekarang, sebuah gua di wilayah yang sama menjanjikan untuk menjelaskan lebih banyak tentang pencipta karya seni prasejarah ini dan kehidupan mereka.

Gua, yang terletak sekitar 10km (enam mil) dari desa Koloshi di wilayah Konkan di barat Maharashtra, India ini ditemukan oleh sekelompok peneliti tahun lalu. Penggalian awal tahun ini mengungkapkan beberapa alat batu di gua yang berusia puluhan ribu tahun.

"Tidak ada tempat di dunia ini yang bisa kita temukan seni cadas semacam ini," kata Dr Tejas Garge, yang mengepalai departemen arkeologi Maharashtra, dikutip BBC. Para arkeolog percaya artefak ini dapat membantu kita mengetahui lebih banyak tentang cara nenek moyang kita hidup.

Gua, yang terletak di hutan terpencil di Sindhudurg, ditemukan oleh para peneliti yang sedang mempelajari ukiran batu di daerah terdekat. Pekerjaan penggalian dilakukan dalam dua putaran, di mana para arkeolog menggali dua parit di dalam gua. Beberapa alat batu besar dan kecil yang berasal dari periode Mesolitik - juga disebut zaman batu tengah - telah ditemukan.

"Mikrolit, atau alat-alat batu kecil, berasal dari sekitar 10.000 tahun, sedangkan alat yang lebih besar bisa berusia sekitar 20.000 tahun," ujar Rutivij Apte, yang telah meneliti petroglif Konkan dan merupakan bagian dari tim penggalian.

Dr Parth Chauhan, seorang arkeolog, mengatakan proses kimia digunakan untuk menganalisis residu yang mungkin ada di tepi artefak. Ini dapat membantu menentukan untuk apa objek itu digunakan.

"Butuh beberapa bulan untuk mengetahui periode waktu yang tepat dari alat-alat batu ini. Tetapi sekarang, kita dapat mengatakan bahwa artefak ini berusia antara 10.000 hingga 48.000 tahun,” ungkapnya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut