get app
inews
Aa
Read Next : 25 Tahun Dipenjara Tanpa Bukti Kasus, Pria Amerika Dapat Ganti Rugi Ratusan Miliar

Klaim AS Tidak Sesuai dengan Sebelumnya Tentang Keberhasilan di Kiev, Rusia : AS Sangat Konyol

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
header img
Rusia menyebut perkataan AS sangat konyol karena berbanding terbalik, (Foto: Reuters)

WASHINGTON,iNews.id - Washington blakblakan bahwa keberhasilan Kiev di medan perang Ukraina dicapai dengan keterlibatan langsung Pentagon membuat Rusia sangat prihatin.

Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat (AS) Anatoly Antonov mengatakan pernyataan terbuka itu bertolak belakang dengan klaim Washington sebelumnya.

"Dengan latar belakang ini, pernyataan Washington bahwa AS bukan pihak dalam konflik terdengar sangat konyol dan tidak berdasar,” kata Antonov kepada RIA Novosti, yang dilansir Rabu (14/9/2022).

“Fakta dan wawancara mantan politisi dan jenderal saat ini mengatakan sebaliknya," ujarnya.

“Video yang saat ini ditampilkan di saluran Barat dengan jelas menunjukkan bahwa tentara dan perwira yang fasih berbahasa Inggris, banyak dengan aksen Inggris dan Amerika yang diucapkan, berperang melawan kami,” imbuh diplomat Rusia tersebut.

"AS telah melakukan segalanya untuk mengubah Ukraina menjadi tempat pembuangan senjata usangnya, tetapi juga tempat pengujian untuk peralatan NATO baru," kata Antonov, menunjukkan selera yang tak terpuaskan dari kompleks industri militer AS untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut pengakuan Pentagon sendiri, AS telah memasok Ukraina dengan lebih dari USD17,2 miliar bantuan keamanan sejak 2014, dan USD14,5 miliar lagi sejak Februari 2022.

"Pelanggan Kiev haus akan kekuasaan dan uang dan tidak tertarik pada solusi damai," kata Antonov.

Menurutnya, ada sedikit atau tidak ada pembicaraan di Barat tentang negosiasi. Yang ada hanya tentang pengiriman lebih banyak senjata ke Ukraina.

“Tujuan utama mereka adalah mengalahkan Rusia dengan cara apa pun, dan kemudian mencegahnya memainkan peran kunci di arena internasional. Dan jika memungkinkan, bagi menjadi beberapa bagian,” katanya.

"Mereka tidak akan berhenti mendorong Ukraina ke dalam petualangan bunuh diri lebih lanjut, seperti 'ofensif' yang sudah ditakdirkan sejak awal."

Ukraina telah mengeklaim kemajuannya baru-baru ini di wilayah Kharkiv sebagai titik balik dalam konflik.

Pada hari Senin, New York Times melaporkan bahwa AS dan Inggris telah terlibat dalam perencanaan operasi, termasuk pengakuan oleh kepala kebijakan Pentagon Colin Kahl bahwa militer AS melakukan beberapa pemodelan dan beberapa "latihan meja", yang dibagikan dengan Kiev.

“Situasi Washington saat ini yang menghasut Kiev melawan kami adalah fakta yang tak terbantahkan dan jelas,” kata Antonov. "Jika Amerika mengikuti tuntutan 'gila' Ukraina untuk roket jarak jauh, skenario seperti itu berarti keterlibatan langsung AS dalam konfrontasi militer dengan Rusia."
 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut