get app
inews
Aa Read Next : Gunakan VPN untuk PC Windows 10, SImak Cara Mudah dan Terbarunya

Kembalikan File Terhapus di Windows 10 atau 11 dengan Cara ini

Sabtu, 17 September 2022 | 09:30 WIB
header img
Cara mengembalikan file yang terhapus di Windows 10 atau 11, (Foto : Istimewa)

JAKARTA,iNews.id - Sangat menjengkelkan memang ketika kita kehilangan file penting di folder komputer. Tetapi, ada cara untuk mengatasinya.

Pengguna komputer atau laptop mungkin pernah mengalami kehilangan atau terhapusnya file secara tidak sengaja. Namun, jangan khawatir, karena ada cara untuk memulihkan file yang dihapus tersebut di Windows 10 atau 11.

Dilansir dari ZDNET, Jumat (16/9/2022), sebenarnya jika Anda mengira bahwa file tersebut terhapus, cukup membuka Recycle Bin dan merestore file yang dibutuhkan.

Kendati demikian, apabila Anda telah menghapus file secara permanen dan pada saat menjelajahi Recycle Bin ternyata isinya kosong, itulah saatnya untuk beralih ke alat pemulihan.

Anda bisa menggunakan program gratis, seperti Recuva dan Glarysoft File Recovery Free. Dan seperti inilah cara mereka bekerja.

Menggunakan Microsoft Windows File Recovery

Perlu Anda tahu bahwa Microsoft menyediakan utilitas baris perintah gratis untuk Windows 10 dan 11 yang mencoba memulihkan file yang dihapus.

Dikenal sebagai Windows File Recovery, alat ini mendukung hard drive mekanis, SSD, drive USB, dan kartu memori. Ini juga menawarkan mode reguler dan ekstensif dalam upaya untuk menghidupkan kembali file.

1. Kunjungi halaman pemulihan Microsoft

Unduh dan instal program dari Microsoft Store. Membuat pintasannya akan membuka prompt perintah dengan contoh sintaks dasarnya.


Microsoft juga memiliki halaman dukungan dengan petunjuk tentang cara menggunakan Windows File Recovery, yang pasti ingin Anda baca sebelum mencobanya.

2. Ketik perintah yang sesuai

Dari sana, Anda perlu mengetikan perintah diikuti dengan tujuan pemulihan, lalu mode pemulihan, dan terakhir nama atau lokasi file atau file yang dihapus.

Meskipun cara ini bisa dengan mudah Anda terapkan, ada beberapa catatan penting yang harus Anda ketahui mengenai Windows File Recovery ini.

Sebagai program baris perintah, Windows File Recovery dapat menjadi tantangan untuk digunakan, mengharuskan Anda untuk menggunakan sintaks dan sakelar yang tepat (versi GUI sangat dibutuhkan). Dan meskipun demikian, tidak selalu menemukan atau memulihkan file yang Anda butuhkan.

Cara tersebut juga tidak selamanya bisa berhasil. Namun apabila Anda ingin mencobanya sebagai langkah pertama bisa Anda lakukan. Tetapi jika sudah merasa frustasi dengan menggunakan cara tersebut, Anda bisa mencoba aplikasi pihak ketiga yang bagus.

Sekali lagi, efektivitasnya sebagian besar bergantung pada seberapa cepat Anda mencoba memulihkan file setelah dihapus. Tetapi dengan asumsi file tersebut masih utuh atau sebagian besar utuh, alat ini akan membantu untuk mengembalikan file tersebut.

 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut