get app
inews
Aa Read Next : Gereja Unifikasi Terseret dalam Kasus Pembunuhan Shinzo Abe, Cek Fakta-Faktanya

Jadi PM Jepang Terlama, Perjalanan Karier Shinzo Abe yang Tewas Ditembak Mantan Tentara

Sabtu, 09 Juli 2022 | 11:09 WIB
header img
Mantan PM Abe yang tewas ditembak, (Foto : NHK)


Dua tahun kemudian, tepatnya 31 Oktober 2005, Abe menjadi kepala sekretaris Kabinet di bawah Perdana Menteri Junichiro Koizumi. Setahun setelahnya, Abe menjadi presiden LDP setelah pemilihan pemimpin, tepatnya 20 September 2006.

Sepekan kemudian, pada 26 September, Abe diangkat sebagai perdana menteri ke-90 Jepang. 29 Juli 2007, LDP di bawah kepemimpinannya mengalami kekalahan dalam pemilihan Dewan Penasihat. Pada 12 September di tahun yang sama, Abe mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri sebagai perdana menteri.

Pada tanggal 26 September 2012, Abe kembali terpilih menjadi pemimpin LDP. Pada 26 Desember 2012, Abe menjabat sebagai perdana menteri ke-96 Jepang.

Pada 24 Desember 2014, Abe diangkat sebagai perdana menteri ke-97 Jepang. Pada 1 November 2017, dia kembali diangkat sebagai perdana menteri ke-98 Jepang.

Abe mengumumkan pengunduran diri sebagai perdana menteri karena penyakit usus kronisnya kambuh tepatnya pada pada 28 Agustus 2020. Pada 11 November 2021, Abe menjadi ketua faksi terbesar LDP.

Hingga pada 8 Juli 2022, Abe diserang oleh seorang pria bersenjata di Prefektur Nara. Dia meninggal meski telah mendapat perawatan medis beberapa jam pascaditembak.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Perjalanan Karier Shinzo Abe yang Tewas Ditembak, Berawal dari Sekretaris Ayah hingga Jadi PM Jepang Terlama ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/perjalanan-karier-shinzo-abe-yang-tewas-ditembak-berawal-dari-sekretaris-ayah-hingga-jadi-pm-jepang-terlama/2.

 

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut