get app
inews
Aa Read Next : Dikabarkan Gabung Timnas Indonesia U-20, Tim Geypens Akan Perkuat Timnas di Touloun Cup 2024!

AHY Diajukan Maju Jadi Capres Oleh Demokrat, Pengamat Sebut Cocok dengan Anies

Sabtu, 09 Juli 2022 | 11:05 WIB
header img
Pengamat sebut AHY cocok berpasangan dengan Anies Baswedan, (Foto : Dok.SINDOnews/Yulianto)

JAKARTA,iNews.id - Dalam menjalin koalisi pilpres 2024 Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) di disyaratkan maju sebagai calon presiden (Capres) atau calon wakil presiden (cawapres) oleh partai Demokrat.

"Partai Demokrat selayaknya mengusung kadernya untuk dijadikan bargaining dalam membentuk koalisi, meskipun hal itu bukan prasyarat harga mati," kata Jamil kepada wartawan, Jumat (8/7/2022).

Jamil menjelaskan, ada tiga pertimbangan AHY sangat layak menjadi cawapres untuk diusung dalam Pilpres 2024. Pertama, elektabilitas AHY relatif tinggi dalam berbagai survei yang dilakukan lembaga survei kredibel, bahkan AHY kerap masuk lima besar.

Konsistensi elektabilitas AHY itu menunjukkan kelayakannya menjadi cawapres. AHY akan dapat menambah pundi-pundi suara secara signifikan bagi capres yang didampinginya," ujarnya.

Kedua, Jamil melihat bahwa saat Anies Baswedan dipasangkan dengan AHY memiliki elektabilitas yang tinggi. Hal itu dapat dilihat dari simulasi beberapa pasangan capres-cawapres, pasangan Anies-AHY sangat kompetitif sehingga berpeluang besar untuk menang. "Karena itu, AHY meskipun masih berusia muda, kelayakannya tak perlu diragukan. Hal itu didukung juga latar belakang pendidikannya yang sangat baik dan kariernya yang terbilang moncer saat masih di TNI," terang eks Dekan FIKOM IISIP ini.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut