Logo Network
Network

Blackbox Kiamat Mulai Bekerja, Perubahan Iklim Akibat Aktivitas Manusia Terus Terekam

Wahyu Sibarani
.
Kamis, 30 Juni 2022 | 11:31 WIB
Blackbox Kiamat Mulai Bekerja, Perubahan Iklim Akibat Aktivitas Manusia Terus Terekam
Blackbox atau kotak hitam kiamat, (Foto : ABC)

JAKARTA,iNews.id - Blackbox atau kotak hitam kiamat mulai merekam semua kegiatan yang dilakukan manusia terhadap alam. Blackbox tersebut terdapat di ujung selatan bumi tepatnya berada di Tasmania, Australia itu.

Hal itu terlihat dari situs resmi blackbox kiamat. Dalam situs resmi itu tampilan halaman utama menampilkan beberapa informasi perekaman. Mulai dari status recording hingga kordinat wilayah yang direkam.

Diketahui blackbox kiamat itu merupakan hasil kerja sama Clemenger BBDO dan University of Tasmania. Kotak hitam itu akan menyimpan dan menganalisa segala informasi penyebab kehancuran yang terjadi di bumi.

Sangat jauh berbeda dengan wujud blackbox yang ada di pesawat dan di kendaraan roda empat, Earth Blackbox itu berupa monolit besi berukuran besar dengan desain yang sangat unik. Monolit itu akan jadi pusat dari penyimpanan setiap langkah yang manusia ambil yang mengakibatkan bencana iklim. Rekaman itu akan memberikan catatan bagi peradaban masa depan untuk memahami apa yang menyebabkan kerusakan Bumi.

Jim Curtis, Direktur Eksekutif dan Kreatif dari Clemenger BBDO mengatakan proyek unik ini merupakan kegiatan non komersial. Menurutnya proses rekaman akan mengumpulkan pengukuran suhu darat dan laut, pengasaman laut, CO2 atmosfer, kepunahan spesies, perubahan penggunaan lahan, serta hal-hal seperti populasi manusia, pengeluaran militer, dan konsumsi energi.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update