Erdogan Dituduh Gadaikan Kehormatan Demi Keuangan Usai Bertemu Pangeran MBS

Anton Suhartono
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 12:33 WIB
Presiden Erdogan bertemu dengan Mohammed bin Salman di Turki, (Foto : Reuters)

ANKARA,iNews.id - Putra Mahkota Saudi Arab Mohammed bin Salman (MBS) melakukan kunjungan ke Turki untuk bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara Rabu (22/6/2022). ni merupakan kunjungan pertama MBS ke Turki sejak beberapa tahun, setelah kedua negara memperbaiki hubungan yang kusut pascapembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Jurnalis surat kabar The Washington Post itu dibunuh di kantor konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018 saat mengurus dokumen untuk pernikahannya dengan seorang perempuan Turki. MBS disebut-sebut terlibat dalam pembunuhan sosok pengkritik kebijakan kerajaan itu. Namun Saudi membantah keterlibatan MBS dan menyebutnya sebagai operasi intelijen yang nakal.

Seorang sumber pejabat Turki mengatakan kunjungan itu diharapkan bisa sepenuhnya menormalisasi dan memulihkan hubungan kedua negara sebelum krisis.

"Era baru akan dimulai," ujarnya, dikutip dari Reuters.

Dia menambahkan, negosiasi tentang kemungkinan jalur pertukaran mata uang akan dibahas dalam pertemuan pribadi Erdogan dan MBS. Kerja sama ini bisa membantu Turki untuk memulihkan cadangan devisa yang menurun.

Selain itu keduanya juga akan meneken perjanjian tentang kerja sama energi, ekonomi, dan keamanan. Bukan hanya itu, lanjut sang pejabat, ada rencana untuk memasukkan dana Saudi ke pasar modal Turki.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini