Logo Network
Network

Bingung Karena Tertinggal 1 Rakaat Shalat Jumat, Apa yang harus Dilakukan?

Novie Fauziah, Jurnalis
.
Jum'at, 17 Juni 2022 | 15:01 WIB
Bingung Karena Tertinggal 1 Rakaat Shalat Jumat, Apa yang harus Dilakukan?
Ilustrasi, (Reuters)

SETIAP muslim laki - laki wajib melaksanakan Sholat Jumat jika tidak memiliki halangan. Namun dalam pelaksanaannya, ada saja jamaah yang datang terlambat, hanya mendapat satu rakaat. Lalu bagaimana hukumnya?

Jika ada jamaah hanya mendapat satu rakaat Sholat Jumat, maka harus menyempurnakannya dengan menambah satu rakaat lagi. Demikian dijelaskan Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin.

"Kalau dapat satu rakaat maka sempurnakan dengan menambahkan satu rakaat yang tertinggal. Jika dia mendapati imam pada posisi tasyahud atau tahiyat, maka dia wajib menyempurnakan menjadi empat rakaat seperti Sholat Zuhur," paparnya ketika dikonfirmasi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Hal tersebut juga sebagaimana dijelaskan dalam suatu riwayat hadis, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

من أدرك ركعة من الصلاة فقد أدرك الصلاة

"Barang siapa mendapati satu rakaat dari sholat, maka ia berarti mendapati sholat." (HR Bukhari dan Muslim)

Ustadz Ainul Yaqin melanjutkan, pembahasan tentang tertinggalnya rakaat ketika Sholat Jumat juga dijelaskan dalam riwayat hadis lainnya, yaitu:

ما أدركتم فصلوا وما فاتكم فاقضوا

"Apa saja gerakan imam yang kalian dapati, maka ikutilah (sholatlah). Sedangkan yang luput bagi kalian, maka sempurnakanlah." (HR Bukhari dan Muslim)

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update