get app
inews
Aa Read Next : Drummer Foo Fighters Taylor Hawkins Meninggal Dunia di Tengah Acara Tur di Amerika Selatan

Sosok Hilman Hariwijaya, Penulis Lupus yang Meninggal Dunia Hari Ini

Rabu, 09 Maret 2022 | 16:48 WIB
header img
Profil Hilman Hariwijaya. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada Rabu, 9 Maret 2022. Dia meninggal pada usia 57 tahun. Kabar tersebut diketahui dari mantan istrinya, Nessa Sadin, melalui media sosial Instagramnya. 

“Innalillahi wainnaillahi rojiun Telah berpulang Hilman Hariwijaya Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum,” tulis Nessa di Instagram pribadinya, seperti dikutip pada Rabu (09/03/2022).

Hilman Hariwijaya merupakan penulis yang cukup populer di era 1980 dan 1990-an. Namanya melejit usai menulis cerita pendek berjudul Lupus di majalah Hai pada Desember 1986. Cerpen tersebut lalu dibukukan menjadi sebuah novel dengan judul yang sama.

Novel tersebut lalu populer dan diangkat hingg ke layar lebar serta sinetron. Seperti diketahui, Lupus diceritakan sebagai pelajar dan wartawan muda di majalah. Dia tinggal bersama Mami dan adiknya yang bernama Lulu.

Masih dalam seri Lupus, Hilman juga merilis buku Lupus Kecil dan Lupus ABG sebagai wujud Lupus di masa SD dan SMP, yang ditulis bersama Boim LeBon. 

Seri tersebut telah menghasilkan lima film layar lebar dan sinetron yang diangkat dari 52 buku yang ada. Berbagai aktor yang sempat memerankan karakter Lupus yakni  Ryan Hidayat, Oka Sugawa, Rico Karindra, Irgy Ahmad Fahrezy dan Attar Syah. Selain Lupus, karakter fiksi lain yang ditulis oleh Hilman Hariwijaya semasa hidup yakni Olga, Lulu, Vanya, dan Vladd yang ditulis bersama rekan-rekannya pada era 1990-an dan 2000-an. Kemudian juga ada kisah fiksi Keluarga Hantu dan beberapa buku lainnya seperti Cerita Cinta, Simfoni Biru, Mambo, dan lainnya. Tak hanya penulis buku, Hilman Hariwijaya juga tercatat sebagai penulis skenario untuk beberapa film dan puluhan judul sinetron Tanah Air. Sejumlah yang populer yakni film Dealova, film Anak Ajaib, dan sinetron Cinta Suci.

Editor : Febyarina Alifah Hasna Nadzifah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut