get app
inews
Aa Read Next : Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Pendekar PSHT yang jadi Pandam Baru XIV Hasanuddin

Pererat Silturahmi Antar Pesilat, Ponpes Al Falah Salatiga Adakan LatGab Pencak Silat Se Salatiga

Sabtu, 01 Juni 2024 | 20:57 WIB
header img
Seni Ganda di sesi Latihan Gabungan Pencak Silat di PPTI Al Falah Salatiga (Foto : Inews Salatiga)

SALATIGA - iNewsSalatiga.id Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga sukses menggelar Latihan Gabungan (LatGab) Pencak pada Sabtu (1/6/24) di Halaman Utama PPTI Al Falah.

Latihan Gabungan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Haul K.H Muhammad Zoemri ke 9. Latihan ini diikuti oleh dua perguruan silat, yaitu Persatuan Silat Setia Hati Teratai (PSHT) dan Persatuan Silat Pagar Nusa se Salatiga.

Mengusung tema Acara "Bhineka Tunggal Ika, Pencak Silat Budaya Kita" ini diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari perguruan silat PSHT dan Pagar Nusa.

"Acara Ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar kedua perguruan silat yaitu Setia Hati Teratai (PHST) dan Pagar Nusa" Ujar Raka selaku panitia.

Selain mempererat silaturahim antar pesilat, acara ini juga bertujuan untuk ikut melestarikan pencak silat yang merupakan salah satu warisan budaya luhur bangsa Indonesia yang patut dilestarikan.

"Pencak Silat bukan hanya sekedar bertarung, tetapi ini adalah warisan budaya luhur, yang oleh para pendahulu disematkan dan dibudayakan pada diri kita agar kita mengingat tanah air ini adalah milik kita" Ujar Mahfudl Shiddiq Muhayyat, selaku Pengasuh PPTI Al Falah Salatiga.

Latihan Gabungan dimulai dengan para peserta melakukan long march dan dilanjut dengan penampilan berbagai Seni Silat. Atraksi seni silat yang memukau para penonton ini menyajikan berbagai jenis seni, mulai Seni Tunggal Jurus Golok, Seni Kreatif, Seni Ganda, Atraksi Berbahaya hingga Sabung Atlet dari kedua Perguruan Silat. Acara dipungkasi dengan bersalam salaman dan foto bersama oleh seluruh peserta latihan gabungan.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut