get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi PC Muslimat NU dan PC Fatayat NU Gelar Acara dengan 3 Agenda Sekaligus!

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Telah Sampai di Makkah, 12.156 Diantaranya Lansia!

Jum'at, 09 Juni 2023 | 00:46 WIB
header img
12.156 Jemaah Haji lanjut usia telah tiba di Makkah

Makkah, INewsSalatiga.id - Dilansir dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), ribuan jemaah haji asal Indonesia sudah berada di Makkah. 12.156 diantaranya adalah lansia.

Hal ini disampaikan oleh Kasie Siskohat M Henikam melalui data yang telah dihimpun hingga Kamis, 8 Juni 2023 waktu setempat. Total tercatat sebanyak 41.028 jemaah haji Indonesia dari 108 kloter yang ada.

"Dari jumlah tersebut, total sebanyak 12.156 orang merupakan jemaah haji lanjut usia (lansia)," katanya.

Dan jumlah tersebut akan terus bertambah. Karena hari ini, terdapat 17 kloter dengan total 6.508 jemaah yang akan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Rangkaian kedatangan kloter ini dibuka oleh kloter 42 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dengan 393 jemaah haji yang tiba pada pukul 04.05 WAS.

Direktur Bina Haji Kemenag, Arsad Hidayat menyatakan bahwa kedatangan jemaah haji Indonesia berjalan lancar. Arsad juga mengapresiasi jemaah JKG 42 yang telah mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi, mematuhi imbauan Kemenag.

"Alhamdulillah hari ini berjalan lancar. Jemaah haji juga sudah menggunakan kain ihram saat turun pesawat. Ini kami harapkan bisa ditiru kloter lainnya," ujar Arsad yang didampingi Kepala Kantor Urusan Haji Arab Saudi, Nasrullah Jassalam dan Kadaker Bandara Haryanto saat menyambut kedatangan jemaah di terminal Fast Track.

Siskohat juga mendata sejumlah 408 jemaah haji yang dirawat di rumah sakit. Dengan rincian 114 jemaah di Kota Makkah dan 294 jemaah di Kota Madinah. Dan kebanyakan yang dirawat merupakan jemaah haji lanjut usia. Jumlah itu kemungkinan akan bertambah, mengingat Indonesia mendapat kuota tambahan sebanyak 8.000 jemaah.


 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut